Kereta Kuda Sewaan Seperti Dokar di Yogyakarta

Posted on

Yogyakarta adalah kota yang kaya akan budaya dan sejarah. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke kota ini. Selain wisata sejarah, Yogyakarta juga memiliki wisata alam yang menakjubkan. Untuk menjelajahi kota ini, Anda bisa menggunakan berbagai jenis transportasi. Salah satunya adalah kereta kuda sewaan seperti dokar.

Apa itu Kereta Kuda Sewaan?

Kereta kuda sewaan adalah kendaraan tradisional yang digunakan untuk mengelilingi kota. Kendaraan ini biasanya disewakan dengan tarif per jam atau per hari. Kereta kuda sewaan menjadi salah satu pilihan transportasi yang populer di Yogyakarta, terutama di daerah wisata.

Kelebihan Menggunakan Kereta Kuda Sewaan

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan kereta kuda sewaan:

  • Menikmati keindahan kota dengan lebih santai
  • Tidak perlu mengemudikan kendaraan sendiri
  • Dapat mengelilingi daerah wisata dengan lebih mudah
  • Menambah pengalaman berwisata yang berbeda
Pos Terkait:  Arti Kata Budget: Pentingnya Mengelola Keuangan dengan Baik

Perbedaan Kereta Kuda Sewaan dan Dokar

Meskipun sering disebut dengan dokar, sebenarnya kereta kuda sewaan memiliki perbedaan dengan dokar. Dokar lebih kecil dan hanya bisa menampung dua orang penumpang. Sedangkan kereta kuda sewaan bisa menampung hingga enam orang penumpang. Selain itu, kereta kuda sewaan juga lebih nyaman karena dilengkapi dengan atap dan kursi yang empuk.

Harga Kereta Kuda Sewaan

Harga kereta kuda sewaan di Yogyakarta bervariasi tergantung dari jarak tempuh dan waktu sewa. Biasanya tarif per jam berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000. Sedangkan tarif per hari bisa mencapai Rp. 300.000.

Tempat Sewa Kereta Kuda di Yogyakarta

Ada banyak tempat yang menyewakan kereta kuda di Yogyakarta. Beberapa di antaranya adalah:

  • Jalan Malioboro
  • Keraton Yogyakarta
  • Taman Sari
  • Alun-alun Kidul

Destinasi Wisata yang Bisa Dijelajahi dengan Kereta Kuda Sewaan

Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda jelajahi dengan menggunakan kereta kuda sewaan:

1. Malioboro

Malioboro adalah jalan yang terkenal di Yogyakarta. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam toko suvenir, kuliner, dan tempat wisata. Menggunakan kereta kuda sewaan untuk menjelajahi Malioboro akan membuat pengalaman berbelanja Anda semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Pos Terkait:  Wali 8 Siapa Saja: Siapakah Mereka?

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Menggunakan kereta kuda sewaan untuk menjelajahi Keraton Yogyakarta akan memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih santai.

3. Taman Sari

Taman Sari adalah bekas tempat mandi kerajaan yang terletak di tengah kota Yogyakarta. Menggunakan kereta kuda sewaan untuk menjelajahi Taman Sari akan memberikan pengalaman yang lebih romantis dan menyenangkan.

4. Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul adalah tempat wisata yang terkenal dengan legenda Sultan yang berjalan di atas air. Di sini Anda bisa menikmati suasana alun-alun yang indah dan bermain dengan lampu-lampu yang tersedia di sana.

Cara Memilih Kereta Kuda Sewaan yang Berkualitas

Untuk memilih kereta kuda sewaan yang berkualitas, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilih kereta kuda yang terawat dan bersih
  • Perhatikan kondisi kuda yang digunakan
  • Pilih kereta kuda yang dilengkapi dengan atap dan kursi yang empuk
  • Perhatikan kualitas jalan yang akan dilalui
  • Tanyakan tarif sewa dan jarak tempuh yang akan ditempuh

Kesimpulan

Kereta kuda sewaan seperti dokar menjadi salah satu pilihan transportasi yang populer di Yogyakarta. Kendaraan tradisional ini dapat membawa Anda menjelajahi kota dengan lebih santai dan menyenangkan. Ada banyak tempat yang menyewakan kereta kuda di Yogyakarta, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mencarinya. Namun, sebelum memilih kereta kuda sewaan yang akan digunakan, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas agar pengalaman berwisata Anda semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *