Kenapa Dalam Berenang Mata Harus Dibuka?

Posted on

Berenang adalah olahraga yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa mitos yang berkembang di masyarakat terkait dengan berenang, salah satunya adalah bahwa mata harus ditutup saat berenang. Padahal, sebenarnya mata harus dibuka ketika berenang. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Mengapa Mata Harus Dibuka Saat Berenang?

Saat berenang, kita membutuhkan pandangan yang jelas untuk melihat arah dan jarak yang akan kita tempuh. Dengan membuka mata, kita dapat melihat rute perjalanan yang akan kita tempuh, sehingga kita tidak kehilangan arah atau tersesat. Selain itu, dengan membuka mata, kita dapat melihat kondisi di sekitar kita, seperti keberadaan orang lain atau benda yang mungkin dapat membahayakan keselamatan kita.

Lebih dari itu, membuka mata saat berenang juga dapat membantu kita menghindari cedera. Dengan melihat di depan kita, kita dapat menghindari benturan dengan dinding kolam renang atau dengan orang lain yang sedang berenang di depan kita. Kita juga dapat menghindari terjatuh saat memanjat tangga atau saat keluar dari kolam renang.

Mata yang terbuka juga dapat membantu kita memperbaiki teknik berenang. Dengan melihat gerakan tubuh kita sendiri dan gerakan orang lain yang berenang di sekitar kita, kita dapat memperbaiki posisi tubuh dan gerakan kaki dan tangan yang kurang tepat. Dengan kata lain, membuka mata saat berenang dapat meningkatkan kemampuan berenang kita.

Pos Terkait:  Yang Termasuk Peralatan Seni Lukis di Bawah Ini Adalah

Mitos yang Salah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa mata harus ditutup saat berenang. Mitos ini muncul karena ada anggapan bahwa air kolam renang yang mengandung klorin dapat merusak mata. Namun, sebenarnya kandungan klorin dalam air kolam renang tidak akan merusak mata asalkan kandungan klorinnya dalam batas yang aman dan sesuai standar.

Jadi, jika air kolam renang yang kita gunakan sudah sesuai standar, maka tidak perlu khawatir akan merusak mata. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan air kolam renang tersebut. Kita harus memastikan bahwa air kolam renang yang kita gunakan bersih dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada mata atau kulit.

Cara Merawat Mata Setelah Berenang

Setelah berenang, kita perlu merawat mata agar tetap sehat. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membilas mata dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kandungan klorin atau bahan kimia lainnya yang mungkin masih menempel di mata. Setelah itu, kita dapat menggunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk melembabkan mata.

Jika kita merasa mata terasa gatal atau iritasi setelah berenang, kita dapat menggunakan obat tetes mata yang mengandung antihistamin atau dekongestan untuk mengatasi gejala tersebut. Namun, jika gejala tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter mata.

Pos Terkait:  10 Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK OTKP

Kesimpulan

Mata harus dibuka saat berenang agar kita dapat melihat dengan jelas arah dan jarak yang akan kita tempuh, menghindari cedera, serta memperbaiki teknik berenang. Mitos bahwa mata harus ditutup saat berenang karena takut air kolam renang merusak mata ternyata tidak benar. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan air kolam renang tersebut. Setelah berenang, kita perlu merawat mata dengan membilas dengan air bersih dan menggunakan tetes mata untuk melembabkan mata.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *