Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Pelayaran

Posted on

Jurusan pelayaran adalah salah satu jurusan yang diminati oleh banyak orang di Indonesia. Namun, seperti halnya jurusan lainnya, jurusan pelayaran juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menempuhnya.

Kelebihan Jurusan Pelayaran

1. Peluang Kerja yang Luas

Jurusan pelayaran menawarkan peluang kerja yang sangat luas, terutama di bidang perkapalan dan transportasi laut. Selain itu, lulusan jurusan pelayaran juga bisa bekerja di perusahaan logistik, perusahaan pelayaran, maupun pemerintahan yang berkaitan dengan transportasi laut.

2. Gaji yang Tinggi

Gaji yang ditawarkan oleh perusahaan pelayaran biasanya cukup tinggi, terutama bagi lulusan jurusan pelayaran yang memiliki pengalaman dan sertifikasi yang lengkap. Selain itu, para pelaut juga mendapatkan tunjangan dan fasilitas yang cukup baik selama mereka berada di atas kapal.

3. Kesempatan untuk Berkeliling Dunia

Bagi sebagian orang, menjadi pelaut adalah impian sejak kecil. Jurusan pelayaran menawarkan kesempatan untuk berkeliling dunia dan melihat banyak tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang suka dengan petualangan dan ingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Pos Terkait:  Kata Terakhir Merupakan Konjungsi Apa?

4. Pengalaman Kerja yang Berbeda

Menjadi pelaut juga memberikan pengalaman kerja yang berbeda dari pekerjaan lainnya. Para pelaut harus siap menghadapi cuaca buruk, gelombang laut yang tinggi, dan kondisi lingkungan yang tidak selalu nyaman. Hal ini akan membantu mereka untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan yang berbeda dari pekerjaan di darat.

Kekurangan Jurusan Pelayaran

1. Risiko Kecelakaan Laut

Salah satu risiko yang harus dihadapi oleh pelaut adalah kecelakaan laut. Meskipun kecelakaan laut jarang terjadi, namun jika terjadi, dampaknya bisa sangat fatal bagi para pelaut dan kapal yang mereka tumpangi.

2. Tidak Dapat Berkumpul dengan Keluarga untuk Waktu yang Lama

Menjadi pelaut juga berarti harus meninggalkan keluarga untuk jangka waktu yang lama. Para pelaut harus siap menghadapi rasa rindu dan keterbatasan untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka selama berada di atas kapal.

3. Tidak Ada Jaminan Kesehatan yang Baik

Para pelaut tidak selalu mendapatkan jaminan kesehatan yang baik selama berada di atas kapal. Kondisi lingkungan yang tidak selalu bersih dan sehat, serta akses terbatas terhadap fasilitas kesehatan bisa menjadi masalah bagi para pelaut yang sakit atau terluka selama berada di atas kapal.

Pos Terkait:  1. Yang Bukan Merupakan Perangkat Masukan (Input)

4. Terbatasnya Waktu Luang

Para pelaut tidak memiliki banyak waktu luang selama berada di atas kapal. Mereka harus fokus pada tugas mereka sebagai pelaut dan tidak memiliki banyak waktu untuk bersosialisasi atau melakukan kegiatan lainnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, jurusan pelayaran menawarkan peluang kerja yang luas dan gaji yang tinggi. Namun, menjadi pelaut juga memiliki risiko dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menempuhnya. Oleh karena itu, sebelum memilih jurusan pelayaran, perlu dipikirkan dengan matang dan dipertimbangkan dengan baik segala kelebihan dan kekurangannya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *