Jurnal Umum: Definisi, Fungsi, dan Cara Pembuatan

Posted on

Jurnal Umum adalah salah satu jenis laporan keuangan yang digunakan untuk mencatat transaksi bisnis dalam suatu perusahaan. Jurnal umum ini memuat informasi mengenai transaksi yang terjadi dan mencatatnya berdasarkan kategori akun yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai definisi, fungsi, dan cara pembuatan jurnal umum.

Definisi Jurnal Umum

Secara umum, jurnal umum adalah suatu catatan akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi bisnis dalam suatu perusahaan. Jurnal umum ini mencatat setiap transaksi berdasarkan kategori akun yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam jurnal umum, setiap transaksi dicatat dua kali, yaitu pada akun debit dan kredit. Tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan dan akurasi laporan keuangan perusahaan.

Fungsi Jurnal Umum

Jurnal umum memiliki beberapa fungsi penting dalam akuntansi perusahaan. Fungsi utama jurnal umum adalah:

1. Mencatat transaksi bisnis

Jurnal umum digunakan untuk mencatat setiap transaksi bisnis yang terjadi dalam perusahaan, baik itu transaksi pembelian, penjualan, pembayaran hutang, penerimaan piutang, dan lain sebagainya. Dalam pencatatan transaksi tersebut, jurnal umum mencatat setiap transaksi dua kali, yaitu pada akun debit dan kredit.

Pos Terkait:  Arti Kata Sebab: Mengenal Makna dan Pentingnya Sebab Akibat dalam Kehidupan

2. Menjaga keseimbangan laporan keuangan

Dalam pencatatan setiap transaksi pada akun debit dan kredit, tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan laporan keuangan perusahaan. Setiap transaksi harus dicatat dengan benar dan seimbang pada akun debit dan kreditnya agar laporan keuangan perusahaan dapat tercatat dengan akurat.

3. Memudahkan proses audit

Jurnal umum juga sangat berguna dalam proses audit. Dengan adanya pencatatan transaksi pada jurnal umum, auditor dapat dengan mudah memeriksa dan memverifikasi setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Hal ini sangat membantu dalam memastikan keabsahan dan akurasi laporan keuangan perusahaan.

Cara Pembuatan Jurnal Umum

Untuk membuat jurnal umum, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Tentukan kategori akun

Sebelum membuat jurnal umum, tentukan terlebih dahulu kategori akun yang akan digunakan. Kategori akun ini biasanya disesuaikan dengan jenis bisnis dan kebutuhan perusahaan. Contoh kategori akun yang umum digunakan antara lain akun kas, piutang, hutang, persediaan, dan lain sebagainya.

2. Catat setiap transaksi pada jurnal umum

Setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan harus dicatat pada jurnal umum. Pencatatan tersebut dilakukan pada kolom debit dan kredit pada masing-masing akun yang terkait dengan transaksi tersebut.

Pos Terkait:  Apa Jawaban dari Soal Berikut?

3. Hitung saldo akhir setiap akun

Setelah semua transaksi dicatat pada jurnal umum, hitunglah saldo akhir pada masing-masing akun. Saldo akhir dihitung dengan mengurangkan total debit dari total kredit pada akun tersebut.

4. Buat laporan keuangan

Setelah saldo akhir pada masing-masing akun dihitung, gunakan informasi tersebut untuk membuat laporan keuangan, seperti neraca saldo dan laporan laba rugi.

Kesimpulan

Jurnal umum adalah suatu catatan akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi bisnis dalam suatu perusahaan. Jurnal umum ini mencatat setiap transaksi berdasarkan kategori akun yang telah ditentukan sebelumnya. Fungsi utama jurnal umum adalah untuk mencatat transaksi bisnis, menjaga keseimbangan laporan keuangan, dan memudahkan proses audit. Untuk membuat jurnal umum, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah menentukan kategori akun, mencatat setiap transaksi pada jurnal umum, menghitung saldo akhir pada masing-masing akun, dan membuat laporan keuangan. Dengan memahami definisi, fungsi, dan cara pembuatan jurnal umum, perusahaan dapat memiliki laporan keuangan yang akurat dan terorganisir dengan baik.

Related posts:
Pos Terkait:  Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Cerita Ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *