Jumlah SKS S1 S2 S3 D3 D4: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Posted on

Setiap program studi di perguruan tinggi memiliki beban studi yang berbeda-beda. Beban studi ini diukur dengan satuan SKS atau Satuan Kredit Semester. Jumlah SKS S1 S2 S3 D3 D4 tentu berbeda-beda pula. Namun, apa sebenarnya SKS itu? Bagaimana cara menghitungnya? Dan berapa jumlah SKS yang harus diambil dalam setiap semester? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu SKS?

SKS atau Satuan Kredit Semester adalah satuan pengukuran beban belajar mahasiswa dalam satu semester. SKS digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui beban belajar mahasiswa dalam satu semester. Satu SKS diartikan sebagai jumlah jam kuliah per minggu dalam satu semester. Biasanya, satu SKS diisi dengan 50 menit kuliah dan 100 menit kegiatan belajar mandiri.

Bagaimana Cara Menghitung SKS?

Setiap mata kuliah memiliki beban SKS yang berbeda-beda. Untuk menghitung jumlah SKS, kamu perlu melihat jumlah mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester. Misalnya, kamu mengambil 5 mata kuliah dengan bobot SKS masing-masing 3, maka jumlah SKS yang harus diambil adalah:

Pos Terkait:  Buatlah Tangga Nada C Mayor dan C Minor serta G

5 x 3 = 15 SKS

Berapa Jumlah SKS yang Harus Diambil dalam Setiap Semester?

Jumlah SKS yang harus diambil dalam setiap semester berbeda-beda tergantung pada kebijakan perguruan tinggi dan program studi. Biasanya, jumlah SKS minimal yang harus diambil dalam satu semester adalah 12 SKS dan maksimal adalah 24 SKS. Namun, beberapa program studi memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek kebijakan program studi yang kamu ambil.

Jumlah SKS S1

Jumlah SKS S1 juga berbeda-beda tergantung pada program studi yang diambil. Namun, secara umum, jumlah SKS minimal yang harus diambil untuk menyelesaikan S1 adalah 144 SKS. Jumlah SKS ini dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester atau 4 tahun. Namun, beberapa program studi memiliki beban SKS yang lebih tinggi.

Jumlah SKS S2

Untuk program S2, jumlah SKS yang harus diambil biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan program S1. Namun, jumlah SKS S2 juga berbeda-beda tergantung pada program studi. Biasanya, jumlah SKS minimal yang harus diambil untuk menyelesaikan S2 adalah 36 SKS. Jumlah SKS ini dapat diselesaikan dalam waktu 2 semester atau 1 tahun.

Jumlah SKS S3

Program S3 atau program doktor memiliki jumlah SKS yang lebih sedikit dibandingkan dengan program S1 dan S2. Namun, jumlah SKS S3 juga berbeda-beda tergantung pada program studi. Biasanya, jumlah SKS minimal yang harus diambil untuk menyelesaikan S3 adalah 40 SKS. Jumlah SKS ini dapat diselesaikan dalam waktu 6 semester atau 3 tahun.

Pos Terkait:  Arti Kata Ikhlas Adalah - Menemukan Kesejukan Hati dalam Hidup

Jumlah SKS D3

Program D3 atau program diploma memiliki beban SKS yang lebih sedikit dibandingkan dengan program S1, S2, dan S3. Jumlah SKS minimal yang harus diambil untuk menyelesaikan D3 adalah 90 SKS. Jumlah SKS ini dapat diselesaikan dalam waktu 6 semester atau 3 tahun.

Jumlah SKS D4

Program D4 atau program diploma empat memiliki beban SKS yang lebih tinggi dibandingkan dengan program D3. Jumlah SKS minimal yang harus diambil untuk menyelesaikan D4 adalah 120 SKS. Jumlah SKS ini dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester atau 4 tahun.

Keuntungan Mengambil SKS yang Banyak

Mengambil SKS yang banyak dalam satu semester memiliki beberapa keuntungan. Pertama, kamu dapat menyelesaikan studi dengan lebih cepat. Kedua, kamu dapat mengejar bidang minatmu dengan lebih intensif. Ketiga, kamu dapat menghemat biaya kuliah karena semakin cepat kamu menyelesaikan studi, semakin sedikit biaya yang harus dikeluarkan.

Kerugian Mengambil SKS yang Banyak

Mengambil SKS yang banyak dalam satu semester juga memiliki beberapa kerugian. Pertama, kamu dapat merasa terlalu terbebani dengan beban studi yang berat. Kedua, kamu dapat merasa sulit untuk memahami materi kuliah dengan baik karena terlalu banyaknya tugas dan pekerjaan. Ketiga, kamu dapat mengalami tekanan mental dan fisik yang berlebihan.

Pos Terkait:  10 Alasan Mengapa Pancasila Adalah Satu-Satunya Falsafah dan Ideologi yang Mengarahkan Bangsa Indonesia Menuju Kesatuan Nusantara

Kesimpulan

Jumlah SKS S1 S2 S3 D3 D4 berbeda-beda tergantung pada program studi yang diambil. Kamu perlu mengecek kebijakan program studi yang kamu ambil untuk mengetahui jumlah SKS yang harus diambil dalam setiap semester. Mengambil SKS yang banyak memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan dengan baik sebelum mengambil jumlah SKS yang banyak dalam satu semester.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *