Jika Diketahui f(x)=2x+5 dan f(x)=-3, maka Nilai dari x adalah A

Posted on

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian orang. Namun, sebenarnya matematika bisa dianggap mudah jika kita memahami konsepnya dengan baik. Salah satu konsep dasar matematika adalah persamaan. Persamaan adalah rumus matematika yang mengandung satu atau lebih variabel yang harus diselesaikan untuk mencari nilai variabel tersebut. Pada artikel ini, akan dibahas persamaan matematika yang melibatkan fungsi.

Apa itu Fungsi?

Fungsi adalah hubungan matematika antara suatu input atau variabel dengan output. Fungsi dituliskan dalam bentuk f(x) di mana x adalah input atau variabel, dan f(x) adalah output. Fungsi bisa berupa persamaan, tabel, atau grafik. Contohnya, jika kita memiliki fungsi f(x) = 2x+5, maka jika kita memasukkan nilai 2 untuk x, maka outputnya adalah 9 (2x+5 = 2(2)+5 = 9).

Persamaan Fungsi

Persamaan fungsi adalah persamaan yang mengandung fungsi. Persamaan fungsi ditulis dalam bentuk f(x) = g(x), di mana f(x) dan g(x) adalah dua fungsi yang harus diselesaikan untuk mencari nilai variabel x. Dalam kasus ini, kita memiliki persamaan f(x) = 2x+5 dan f(x) = -3. Kita harus menyelesaikan kedua persamaan ini untuk mencari nilai x.

Pos Terkait:  Bagaimana Pola Keruangan di Wilayah Desa?

Cara Menyelesaikan Persamaan Fungsi

Ada beberapa cara untuk menyelesaikan persamaan fungsi. Salah satu cara yang paling umum digunakan adalah dengan metode substitusi. Metode substitusi dilakukan dengan mengganti salah satu fungsi dalam persamaan dengan fungsi yang lain. Dalam kasus ini, kita bisa mengganti f(x) = -3 dengan 2x+5 = -3. Dengan mengganti f(x) = -3 dengan 2x+5 = -3, kita bisa menyelesaikan persamaan untuk mencari nilai x.

Langkah-langkah Menyelesaikan Persamaan Fungsi

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan persamaan fungsi f(x) = 2x+5 dan f(x) = -3:

  1. Ganti f(x) = -3 dengan 2x+5 = -3
  2. Selesaikan persamaan 2x+5 = -3 untuk mencari nilai x
  3. 2x+5 = -3
  4. 2x = -8
  5. x = -4
  6. Selesai

Jadi, nilai dari x adalah -4.

Kesimpulan

Menyelesaikan persamaan fungsi mungkin terlihat sulit pada awalnya, tetapi dengan memahami konsepnya dengan baik dan menggunakan metode yang tepat, kita dapat menyelesaikan persamaan dengan mudah. Dalam kasus ini, kita menggunakan metode substitusi untuk menyelesaikan persamaan f(x) = 2x+5 dan f(x) = -3 untuk mencari nilai x. Nilai dari x adalah -4.

Related posts:
Pos Terkait:  10 Jurusan Kuliah yang Cocok dan Menjanjikan untuk Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *