Jenis dan Macam Berita Lengkap Contoh

Posted on

Berita adalah salah satu bentuk jurnalisme yang paling penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada berbagai jenis dan macam berita yang dapat kita temukan di media cetak, online, atau siaran televisi. Berita yang baik harus memenuhi kriteria utama yaitu akurat, tepat waktu, relevan, dan menarik bagi pembaca. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang jenis dan macam berita beserta contohnya.

Jenis Berita Berdasarkan Waktu Terjadinya

1. Berita Utama

Berita utama adalah berita yang memiliki dampak besar pada masyarakat. Berita ini biasanya disiarkan pada kejadian yang terjadi pada hari itu atau dalam beberapa hari terakhir. Contoh berita utama adalah bencana alam, krisis politik, atau kejadian besar yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.

2. Berita Ringan

Berita ringan adalah berita yang tidak terlalu serius dan tidak memiliki dampak besar pada masyarakat. Berita ini biasanya disiarkan pada kejadian yang terjadi dalam beberapa hari terakhir atau bahkan beberapa minggu terakhir. Contoh berita ringan adalah kejadian lucu, fenomena sosial, atau kejadian yang menarik perhatian masyarakat.

Pos Terkait:  Nama Lain dari Permainan Tenis Meja Yaitu

Jenis Berita Berdasarkan Sumbernya

1. Berita Langsung

Berita langsung adalah berita yang disiarkan secara langsung dari lokasi kejadian. Berita ini biasanya disiarkan pada kejadian besar yang sedang terjadi seperti pemilihan umum atau bencana alam. Contoh berita langsung adalah siaran langsung dari lokasi kejadian.

2. Berita Tidak Langsung

Berita Tidak Langsung adalah berita yang didapat dari sumber lain seperti keterangan resmi atau wawancara dengan para ahli. Berita ini biasanya disiarkan pada kejadian yang sudah terjadi dan dapat dikonfirmasi kebenarannya. Contoh berita tidak langsung adalah hasil wawancara dengan pejabat pemerintah atau ahli dalam bidang tertentu.

Jenis Berita Berdasarkan Format Penyajiannya

1. Berita Cetak

Berita cetak adalah berita yang disiarkan melalui media cetak seperti koran atau majalah. Berita ini biasanya disajikan dalam bentuk teks dan gambar. Contoh berita cetak adalah koran harian atau majalah mingguan.

2. Berita Online

Berita online adalah berita yang disiarkan melalui media online seperti situs berita atau portal berita. Berita ini biasanya disajikan dalam bentuk teks, gambar, dan video. Contoh berita online adalah situs berita CNN Indonesia atau Kompas.com.

3. Berita Televisi

Berita Televisi adalah berita yang disiarkan melalui siaran televisi. Berita ini biasanya disajikan dalam bentuk video dan teks. Contoh berita televisi adalah program berita di stasiun televisi nasional atau lokal.

Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud Menolong Tanpa Pamrih

Jenis Berita Berdasarkan Isinya

1. Berita Hard News

Berita hard news adalah berita yang disiarkan mengenai peristiwa yang bersifat serius dan penting. Berita ini biasanya disajikan dengan gaya yang singkat dan padat. Contoh berita hard news adalah krisis politik, kecelakaan, atau pembunuhan.

2. Berita Soft News

Berita soft news adalah berita yang disiarkan mengenai peristiwa yang bersifat ringan dan tidak terlalu serius. Berita ini biasanya disajikan dengan gaya yang santai dan menghibur. Contoh berita soft news adalah kejadian unik, fenomena sosial, atau hiburan.

Jenis Berita Berdasarkan Tujuannya

1. Berita Edukasi

Berita edukasi adalah berita yang disiarkan dengan tujuan memberikan pengetahuan baru atau meningkatkan pengetahuan yang sudah ada. Berita ini biasanya disajikan dengan gaya yang ringan dan mudah dipahami. Contoh berita edukasi adalah tips kesehatan, informasi teknologi, atau pengetahuan umum.

2. Berita Opini

Berita opini adalah berita yang disiarkan dengan tujuan menyampaikan pendapat atau pandangan tertentu. Berita ini biasanya disajikan dengan gaya yang kritis dan argumentatif. Contoh berita opini adalah kolom opini atau editorial di koran atau majalah.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ada berbagai jenis dan macam berita yang dapat kita temukan di media cetak, online, atau siaran televisi. Setiap jenis berita memiliki ciri khas dan tujuan tersendiri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih berita yang akurat, tepat waktu, relevan, dan menarik bagi pembaca. Dengan memahami jenis dan macam berita beserta contohnya, kita dapat menjadi pembaca yang kritis dan mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *