Jelaskan Pengertian Bipartide dan Apartide

Posted on

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian bipartide dan apartide yang sering menjadi perbincangan di masyarakat. Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan bipartide dan apartide.

Pengertian Bipartide

Bipartide adalah sebuah istilah yang digunakan dalam matematika untuk menggambarkan sebuah graf yang terdiri dari dua set node, di mana setiap node dalam set pertama tidak terhubung dengan node dalam set kedua. Artinya, tidak ada edge yang menghubungkan dua node dalam set yang sama.

Contoh sederhana dari graf bipartide dapat ditemukan pada permasalahan penjadwalan kuliah. Sebuah kuliah hanya bisa dijadwalkan pada waktu yang sudah ditentukan dan setiap mahasiswa hanya bisa mengambil satu kuliah pada satu waktu. Oleh karena itu, kuliah dan mahasiswa dapat dibagi menjadi dua set yang berbeda.

Dalam politik, istilah bipartide sering digunakan untuk menggambarkan sistem partai politik yang terdiri dari dua partai besar yang dominan. Di Indonesia, contohnya adalah Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Pengertian Apartide

Apartide adalah sebuah sistem pemerintahan yang memisahkan ras manusia menjadi kelompok-kelompok yang berbeda dan memberikan hak-hak yang berbeda pula pada kelompok ras yang berbeda tersebut. Sistem apartide pernah diterapkan di Afrika Selatan dari tahun 1948 hingga 1994.

Pos Terkait:  Arti Kata Nampan: Apa Itu Nampan?

Sistem apartide sangat diskriminatif dan merugikan kelompok ras minoritas. Pada sistem apartide, orang kulit putih diberikan hak-hak yang lebih banyak dan lebih baik dibandingkan dengan orang-orang kulit hitam dan kulit coklat. Contohnya, orang kulit putih memiliki hak pilih, sedangkan orang kulit hitam tidak.

Sistem apartide juga memisahkan kelompok ras yang berbeda secara fisik, seperti pada transportasi, tempat tinggal, pendidikan, dan tempat kerja. Hal ini menyebabkan kelompok ras minoritas sulit untuk berkembang dan mencapai kesetaraan.

Kesimpulan

Bipartide dan apartide adalah dua istilah yang berbeda dalam matematika dan politik. Bipartide menggambarkan sebuah graf yang terdiri dari dua set node yang tidak terhubung satu sama lain, sedangkan apartide adalah sebuah sistem pemerintahan yang memisahkan ras manusia menjadi kelompok-kelompok yang berbeda dan memberikan hak-hak yang berbeda pula pada kelompok ras yang berbeda tersebut.

Kita perlu memahami kedua istilah ini agar kita bisa menggunakan dan memahami istilah tersebut dengan benar dalam situasi yang tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bipartide dan apartide.

Related posts:
Pos Terkait:  Syarat Masuk S2 Teknik Informatika yang Perlu Dipersiapkan di Awal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *