Jarak antara dua buah nada disebut?

Posted on

Apakah kamu pernah mendengar istilah jarak antara dua buah nada? Jika belum, artikel ini akan membahasnya secara lengkap untukmu. Jarak antara dua buah nada adalah jarak atau interval antara dua nada dalam musik. Interval ini bisa diukur dalam satuan nada atau dalam satuan frekuensi.

Apa itu nada?

Sebelum membahas lebih jauh tentang jarak antara dua buah nada, ada baiknya kita mengetahui dahulu apa itu nada. Nada adalah getaran suara yang memiliki frekuensi tertentu. Frekuensi ini ditentukan oleh jumlah getaran per detiknya. Semakin banyak getaran per detik, maka frekuensinya semakin tinggi.

Jenis-jenis jarak antara dua buah nada

Ada beberapa jenis jarak antara dua buah nada dalam musik, yaitu:

  • Interval oktaf
  • Interval unison
  • Interval mayor
  • Interval minor
  • Interval augmented
  • Interval diminished

Interval oktaf

Interval oktaf adalah interval antara dua nada yang memiliki frekuensi dua kali lipat. Artinya, jika frekuensi dari nada pertama adalah 440 Hz, maka frekuensi dari nada kedua adalah 880 Hz. Interval oktaf ini terdengar sangat serupa karena frekuensinya sama-sama tinggi atau sama-sama rendah.

Pos Terkait:  Properti Persyaratan Kualitas dalam Pengembangan Perangkat Lunak

Interval unison

Interval unison adalah interval antara dua nada yang memiliki frekuensi yang sama. Artinya, jika frekuensi dari nada pertama adalah 440 Hz, maka frekuensi dari nada kedua juga 440 Hz. Interval unison ini terdengar sangat serupa karena frekuensinya sama persis.

Interval mayor

Interval mayor adalah interval antara dua nada yang memiliki jarak tertentu dalam satuan nada. Interval mayor ini terdengar ceria dan riang. Contoh dari interval mayor adalah interval antara nada do dan nada mi pada tangga nada mayor.

Interval minor

Interval minor adalah interval antara dua nada yang memiliki jarak tertentu dalam satuan nada. Interval minor ini terdengar sedih dan murung. Contoh dari interval minor adalah interval antara nada la dan nada do pada tangga nada minor.

Interval augmented

Interval augmented adalah interval antara dua nada yang memiliki jarak lebih jauh dari interval mayor. Interval augmented ini terdengar tegang dan cemas. Contoh dari interval augmented adalah interval antara nada do dan nada sharp pada tangga nada mayor.

Interval diminished

Interval diminished adalah interval antara dua nada yang memiliki jarak lebih pendek dari interval minor. Interval diminished ini terdengar gelap dan misterius. Contoh dari interval diminished adalah interval antara nada re dan nada flat pada tangga nada minor.

Pos Terkait:  Apa Yang Terjadi Pada Meja Saat Didorong? Ke Mana Arahnya?

Cara menghitung jarak antara dua buah nada

Ada dua cara untuk menghitung jarak antara dua buah nada dalam musik, yaitu dengan menggunakan satuan nada dan satuan frekuensi.

Menghitung jarak antara dua buah nada dengan satuan nada

Cara menghitung jarak antara dua buah nada dengan satuan nada adalah dengan menghitung jumlah nada yang terdapat di antara kedua nada tersebut. Misalnya, jika kita ingin menghitung jarak antara nada do dan nada mi pada tangga nada mayor, maka kita perlu menghitung ada berapa nada di antara kedua nada tersebut. Hasilnya adalah 2 nada atau interval mayor.

Menghitung jarak antara dua buah nada dengan satuan frekuensi

Cara menghitung jarak antara dua buah nada dengan satuan frekuensi adalah dengan menghitung selisih frekuensi antara kedua nada tersebut. Misalnya, jika frekuensi dari nada pertama adalah 440 Hz dan frekuensi dari nada kedua adalah 660 Hz, maka jarak antara kedua nada tersebut adalah 220 Hz atau interval mayor.

Manfaat mengetahui jarak antara dua buah nada

Mengetahui jarak antara dua buah nada sangat berguna dalam musik. Dengan mengetahui jarak antara dua buah nada, kita dapat membuat akord atau chord yang harmonis dan enak didengar. Selain itu, kita juga dapat menghasilkan melodi atau lagu yang indah dan menarik.

Pos Terkait:  Pewarna Rambut Merah Campur Coklat Jadi Warna Apa?

Kesimpulan

Jarak antara dua buah nada adalah jarak atau interval antara dua nada dalam musik. Ada beberapa jenis jarak antara dua buah nada dalam musik, yaitu interval oktaf, interval unison, interval mayor, interval minor, interval augmented, dan interval diminished. Ada dua cara untuk menghitung jarak antara dua buah nada dalam musik, yaitu dengan menggunakan satuan nada dan satuan frekuensi. Mengetahui jarak antara dua buah nada sangat berguna dalam musik untuk membuat akord atau chord yang harmonis dan enak didengar serta menghasilkan melodi atau lagu yang indah dan menarik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *