International Badminton Federation (IBF) Berdiri pada Tanggal 5 Juli 1934

Posted on

International Badminton Federation atau lebih dikenal dengan IBF adalah sebuah organisasi yang mengatur olahraga bulu tangkis di seluruh dunia. IBF didirikan pada tanggal 5 Juli 1934 di London, Inggris.

Sejarah Singkat IBF

Pada awalnya, IBF dikenal sebagai International Badminton Association (IBA) yang didirikan pada tahun 1934 oleh sembilan negara yaitu Kanada, Denmark, Inggris, Prancis, Irlandia, Belanda, Selandia Baru, Skotlandia, dan Wales. Tujuan dari didirikannya IBA adalah untuk mengatur dan mengembangkan olahraga bulu tangkis di seluruh dunia.

Pada tahun 1981, IBA berganti nama menjadi International Badminton Federation (IBF). Selama 77 tahun sejak didirikan, IBF terus mengembangkan dan memperluas cakupan olahraga bulu tangkis di seluruh dunia. Saat ini, IBF memiliki anggota dari lebih dari 170 negara dan menjadi salah satu federasi olahraga terbesar di dunia.

Tujuan dan Fungsi IBF

Sebagai organisasi pengatur olahraga bulu tangkis di dunia, IBF memiliki beberapa tujuan dan fungsi. Berikut adalah beberapa tujuan dan fungsi dari IBF:

Pos Terkait:  Jelaskan Arti Kata Batik

1. Mengatur Turnamen Bulu Tangkis Internasional

IBF mengatur dan mengawasi turnamen bulu tangkis internasional seperti Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, Olimpiade, Piala Thomas dan Uber, dan lain-lain. IBF juga membuat aturan dan regulasi yang harus dipatuhi oleh para pemain dan official dalam turnamen.

2. Mengembangkan Olahraga Bulu Tangkis

IBF mengembangkan olahraga bulu tangkis di seluruh dunia melalui program-program pengembangan seperti pelatihan dan pembinaan pemain muda, pengembangan wasit dan official, dan lain-lain. IBF juga bekerja sama dengan negara-negara anggota untuk mengembangkan olahraga bulu tangkis di negara-negara yang masih kurang berkembang.

3. Menetapkan Peraturan dan Regulasi

IBF menetapkan aturan dan regulasi dalam olahraga bulu tangkis seperti ukuran lapangan, jenis shuttlecock, dan lain-lain. Aturan dan regulasi ini harus dipatuhi oleh para pemain dan official dalam turnamen.

4. Mempromosikan Olahraga Bulu Tangkis

IBF juga mempromosikan olahraga bulu tangkis di seluruh dunia melalui program-program seperti kampanye iklan, acara olahraga, dan lain-lain. IBF juga bekerja sama dengan sponsor dan media untuk mempromosikan olahraga bulu tangkis secara lebih luas.

Struktur Organisasi IBF

IBF memiliki struktur organisasi yang terdiri dari beberapa lembaga, yaitu:

1. Kongres IBF

Kongres IBF adalah lembaga tertinggi dalam IBF yang terdiri dari perwakilan dari semua negara anggota. Kongres IBF bertugas untuk menetapkan kebijakan dan strategi IBF dalam pengembangan olahraga bulu tangkis di seluruh dunia.

Pos Terkait:  Apa Makna dari Sila Ke-1, 2, 3, 4, dan 5?

2. Dewan IBF

Dewan IBF adalah lembaga yang bertugas untuk mengawasi dan mengatur jalannya IBF. Dewan IBF terdiri dari beberapa anggota yang dipilih oleh kongres IBF.

3. Komisi IBF

Komisi IBF adalah lembaga yang bertugas untuk membantu dan mendukung jalannya IBF. Komisi IBF terdiri dari beberapa komisi seperti komisi wasit, komisi pemain, komisi pembinaan, dan lain-lain.

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis merupakan turnamen bulu tangkis terbesar yang diadakan oleh IBF. Turnamen ini diadakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh para pemain bulu tangkis terbaik dari seluruh dunia.

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis pertama kali diadakan pada tahun 1977 di Malmö, Swedia. Sejak saat itu, Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis diadakan setiap dua tahun sekali dengan tempat yang berbeda-beda setiap kali diadakan.

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis terakhir diadakan pada tahun 2019 di Basel, Swiss. Pemenang tunggal putra adalah Kento Momota dari Jepang, sedangkan pemenang tunggal putri adalah Pusarla Venkata Sindhu dari India.

Piala Thomas dan Uber

Piala Thomas dan Uber adalah turnamen bulu tangkis beregu putra dan putri yang diadakan oleh IBF. Turnamen ini diadakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh negara-negara anggota IBF.

Pos Terkait:  Jelaskan Langkah-Langkah Membuat Ulasan Buku Non Fiksi

Piala Thomas pertama kali diadakan pada tahun 1948 di Jakarta, Indonesia. Sedangkan Piala Uber pertama kali diadakan pada tahun 1957 di Lytham St Annes, Inggris. Sejak saat itu, Piala Thomas dan Uber diadakan setiap dua tahun sekali dengan tempat yang berbeda-beda setiap kali diadakan.

Piala Thomas dan Uber terakhir diadakan pada tahun 2018 di Bangkok, Thailand. Pemenang Piala Thomas adalah China, sedangkan pemenang Piala Uber adalah Jepang.

Kesimpulan

International Badminton Federation atau IBF adalah organisasi pengatur olahraga bulu tangkis di seluruh dunia. IBF didirikan pada tanggal 5 Juli 1934 di London, Inggris. IBF memiliki tujuan dan fungsi untuk mengatur turnamen bulu tangkis internasional, mengembangkan olahraga bulu tangkis, menetapkan peraturan dan regulasi, dan mempromosikan olahraga bulu tangkis di seluruh dunia. IBF juga mengadakan turnamen bulu tangkis terbesar seperti Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, Piala Thomas dan Uber, dan lain-lain. Untuk menjalankan tugas dan fungsinya, IBF memiliki struktur organisasi yang terdiri dari kongres IBF, dewan IBF, dan komisi IBF.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *