Ini Dia Ada 10 Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Sastra Inggris

Posted on

Memilih jurusan kuliah adalah keputusan besar dalam hidup seseorang. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih jurusan tertentu. Salah satu jurusan yang populer di Indonesia adalah Sastra Inggris. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih jurusan ini, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jurusan Sastra Inggris. Berikut adalah 10 kelebihan dan kekurangan jurusan Sastra Inggris.

Kelebihan Jurusan Sastra Inggris

1. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris

Jurusan Sastra Inggris membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang tata bahasa Inggris, kosakata, dan cara menulis dengan baik dan benar dalam bahasa Inggris.

2. Buka peluang karir internasional

Mempelajari Sastra Inggris membuka peluang karir internasional. Sastra Inggris menjadi bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia. Mahasiswa Sastra Inggris dapat bekerja di bidang penerjemahan, penulisan, editing, dan banyak lagi.

3. Meningkatkan kreativitas

Sastra Inggris adalah bidang yang membutuhkan kreativitas. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang sastra, puisi, dan drama. Mahasiswa akan belajar cara menulis dan mengungkapkan ide-ide mereka dengan cara yang kreatif.

4. Meningkatkan kemampuan analisis

Pos Terkait:  Berapa Umur Anak Kelahiran 2007?

Mempelajari Sastra Inggris membantu Meningkatkan kemampuan analisis seseorang. Mahasiswa akan belajar tentang teks-teks sastra dan cara menganalisisnya. Kemampuan analisis ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti dalam bekerja atau dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menjadi ahli bahasa Inggris

Jurusan Sastra Inggris membantu mahasiswa menjadi ahli bahasa Inggris. Mahasiswa akan belajar tata bahasa Inggris, kosakata, dan cara menulis dengan baik dan benar dalam bahasa Inggris. Mahasiswa juga akan belajar tentang berbagai varian bahasa Inggris, seperti bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania.

6. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Mempelajari Sastra Inggris membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang. Mahasiswa akan belajar tentang teks-teks sastra dan cara menganalisisnya. Kemampuan berpikir kritis ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti dalam bekerja atau dalam kehidupan sehari-hari.

7. Menjadi pengajar bahasa Inggris

Mahasiswa jurusan Sastra Inggris dapat menjadi pengajar bahasa Inggris di sekolah atau lembaga kursus bahasa Inggris. Mahasiswa akan mempelajari cara mengajar bahasa Inggris secara efektif dan efisien.

8. Menambah wawasan budaya

Dalam jurusan Sastra Inggris, mahasiswa akan mempelajari tentang budaya Inggris dan budaya-budaya lain yang mempengaruhi sastra Inggris. Hal ini membantu mahasiswa memperluas wawasan budaya mereka.

Pos Terkait:  10 Cara Menjadi Database Engineer

9. Menjadi penulis

Mempelajari Sastra Inggris membuka peluang untuk menjadi penulis. Mahasiswa akan belajar cara menulis dengan baik dan benar dalam bahasa Inggris. Mahasiswa juga akan belajar tentang berbagai genre sastra, seperti novel, cerpen, dan puisi.

10. Menjadi penerjemah

Jurusan Sastra Inggris membuka peluang untuk menjadi penerjemah. Mahasiswa akan mempelajari cara menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Peluang karir sebagai penerjemah terbuka luas di berbagai bidang, seperti media massa, perusahaan, atau pemerintahan.

Kekurangan Jurusan Sastra Inggris

1. Terbatasnya peluang karir

Salah satu kekurangan dari jurusan Sastra Inggris adalah terbatasnya peluang karir. Peluang karir untuk lulusan jurusan ini terutama terbatas pada bidang penerjemahan, penulisan, atau pengajaran bahasa Inggris.

2. Tidak diakui banyak orang

Jurusan Sastra Inggris Tidak diakui banyak orang. Banyak orang menganggap bahwa jurusan ini tidak berguna atau tidak memiliki nilai tambah dalam karir.

3. Tidak mudah mendapatkan pekerjaan

Lulusan jurusan Sastra Inggris tidak selalu mudah mendapatkan pekerjaan. Peluang kerja untuk lulusan jurusan ini tergantung pada persaingan di pasar tenaga kerja.

4. Tidak menjamin keahlian praktis

Jurusan Sastra Inggris tidak menjamin keahlian praktis. Mahasiswa tidak akan mempelajari keterampilan praktis yang terkait dengan pekerjaan tertentu, seperti keterampilan teknis atau keterampilan manajemen.

Pos Terkait:  Apa Ukuran Sebuah Tempo Brainly? Mengetahui Lebih dalam Mengenai Ukuran Tempo

5. Tidak semua orang suka membaca

Tidak semua orang suka membaca. Bagi mereka yang tidak suka membaca, mempelajari Sastra Inggris mungkin akan menjadi tantangan.

6. Kurangnya pengakuan

Kurangnya pengakuan dari masyarakat dan industri menjadi salah satu kekurangan jurusan Sastra Inggris. Hal ini dapat mempengaruhi kesempatan kerja bagi lulusan jurusan ini.

7. Tidak cocok untuk orang yang tidak sabar

Jurusan Sastra Inggris membutuhkan waktu dan kesabaran. Mahasiswa harus membaca banyak buku dan menulis banyak esai. Bagi orang yang tidak sabar, jurusan ini mungkin tidak cocok untuk mereka.

Kesimpulan

Jurusan Sastra Inggris memiliki kelebihan dan kekurangan. Mahasiswa harus mempertimbangkan semua faktor sebelum memutuskan untuk memilih jurusan ini. Jika Anda suka membaca, menulis, dan ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, jurusan Sastra Inggris mungkin cocok untuk Anda. Namun, jika Anda mencari karir yang praktis dan diakui oleh banyak orang, mungkin ada jurusan lain yang lebih cocok bagi Anda.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *