Identifikasilah Informasi yang Terdapat pada Bacaan di Atas

Posted on

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara mengidentifikasi informasi yang terdapat pada suatu bacaan. Pada dasarnya, setiap bacaan pasti memiliki informasi yang bisa diambil. Namun, tidak semua informasi tersebut relevan dan penting.

Langkah Pertama: Pahami Topik Utama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami topik utama dari bacaan tersebut. Dengan memahami topik utama, kita bisa mengetahui informasi apa saja yang berkaitan dengan topik tersebut.

Contohnya, jika topik utama dari bacaan adalah tentang kesehatan gigi, maka informasi yang berkaitan dengan topik tersebut adalah cara menjaga kebersihan gigi, merawat gigi yang berlubang, dan sebagainya.

Langkah Kedua: Perhatikan Kata Kunci

Setelah memahami topik utama, langkah kedua yang harus dilakukan adalah memperhatikan kata kunci yang terdapat pada bacaan. Kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan untuk menggambarkan topik utama atau sub-topik dari bacaan.

Contohnya, kata kunci yang terdapat pada bacaan tentang kesehatan gigi adalah “kebersihan gigi”, “merawat gigi”, “gigi berlubang”, dan sebagainya.

Pos Terkait:  13. Peer to peer merupakan jenis jaringan A

Langkah Ketiga: Identifikasi Informasi Relevan

Setelah memperhatikan kata kunci, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi informasi yang relevan dengan topik utama dan sub-topik yang ada. Informasi yang relevan adalah informasi yang berkaitan dengan topik utama dan sub-topik yang ada, serta dapat membantu memperkaya pemahaman kita tentang topik tersebut.

Contohnya, jika sub-topik dari bacaan tentang kesehatan gigi adalah “merawat gigi yang berlubang”, maka informasi yang relevan adalah cara merawat gigi yang berlubang dengan baik dan benar.

Langkah Keempat: Identifikasi Informasi Penting

Setelah mengidentifikasi informasi relevan, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi informasi yang penting. Informasi yang penting adalah informasi yang memiliki nilai tambah dan dapat membantu meningkatkan pemahaman kita tentang topik tersebut.

Contohnya, jika sub-topik dari bacaan tentang kesehatan gigi adalah “merawat gigi yang berlubang”, maka informasi yang penting adalah cara merawat gigi yang berlubang dengan baik dan benar, serta efek yang dapat terjadi jika gigi yang berlubang tidak dirawat dengan baik.

Langkah Kelima: Buat Ringkasan

Setelah mengidentifikasi informasi penting, langkah terakhir adalah membuat ringkasan dari informasi yang telah ditemukan. Ringkasan ini dapat membantu kita memahami secara keseluruhan topik yang dibahas dalam bacaan.

Pos Terkait:  Berdasarkan Isinya, Apakah Fungsi Teks Prosedur Itu?

Contohnya, jika topik utama dari bacaan adalah tentang kesehatan gigi, maka ringkasan dari informasi yang telah ditemukan adalah cara menjaga kebersihan gigi, merawat gigi yang berlubang, serta efek yang dapat terjadi jika gigi yang berlubang tidak dirawat dengan baik.

Kesimpulan

Dalam mengidentifikasi informasi yang terdapat pada suatu bacaan, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah memahami topik utama, memperhatikan kata kunci, mengidentifikasi informasi relevan, mengidentifikasi informasi penting, dan membuat ringkasan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita dapat dengan mudah mengambil informasi yang relevan dan penting dari suatu bacaan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *