Hitunglah Volume Bangun Gabungan Berikut Menggunakan

Posted on

Pengenalan

Volume adalah besaran tiga dimensi yang menyatakan berapa ruang yang dapat diisi oleh suatu benda. Dalam matematika, volume dapat dihitung menggunakan rumus tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung volume bangun gabungan dengan menggunakan rumus yang sesuai.

Bangun Gabungan

Bangun gabungan adalah gabungan dari beberapa bangun ruang yang membentuk satu kesatuan. Contoh bangun gabungan adalah balok yang ditempelkan pada prisma segitiga atau tabung yang diberi kerucut di atasnya. Dalam menghitung volume bangun gabungan, kita harus menghitung volume setiap bangun ruang yang membentuk gabungan tersebut dan menjumlahkan hasilnya.

Contoh Soal

Berikut adalah contoh soal mengenai cara menghitung volume bangun gabungan:Sebuah bangun gabungan terdiri dari sebuah tabung dengan jari-jari 10 cm dan tinggi 20 cm yang diberi kerucut di atasnya dengan jari-jari 5 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah volume bangun gabungan tersebut!

Penyelesaian

Untuk menghitung volume bangun gabungan tersebut, kita harus menghitung volume tabung dan volume kerucut terlebih dahulu, kemudian menjumlahkan hasilnya. Berikut adalah rumus untuk menghitung volume tabung dan volume kerucut:Volume tabung = π x r² x tVolume kerucut = (1/3) x π x r² x tDalam rumus di atas, r adalah jari-jari, t adalah tinggi, dan π adalah konstanta yang bernilai 3.14.Maka, untuk menghitung volume tabung, kita dapat mengganti nilai r dan t dengan nilai yang diberikan pada soal:Volume tabung = π x 10² x 20Volume tabung = 6,280 cm³Sedangkan untuk menghitung volume kerucut, kita dapat mengganti nilai r dan t dengan nilai yang diberikan pada soal:Volume kerucut = (1/3) x π x 5² x 10Volume kerucut = 262.5 cm³Setelah itu, kita dapat menjumlahkan kedua volume untuk mendapatkan volume bangun gabungan:Volume bangun gabungan = Volume tabung + Volume kerucutVolume bangun gabungan = 6,280 + 262.5Volume bangun gabungan = 6,542.5 cm³Maka, volume bangun gabungan tersebut adalah 6,542.5 cm³.

Pos Terkait:  Profesi Tugas Purchasing Staff: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Kesimpulan

Menghitung volume bangun gabungan dapat dilakukan dengan menghitung volume setiap bangun ruang yang membentuk gabungan tersebut dan menjumlahkan hasilnya. Untuk menghitung volume tabung dan volume kerucut, kita dapat menggunakan rumus yang sesuai. Dalam contoh soal di atas, kita telah menghitung volume bangun gabungan yang terdiri dari tabung dan kerucut dengan menggunakan rumus yang sesuai.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *