Hewan Apa yang Mirip Monyet Berekor Pendek

Posted on

Apakah kamu pernah melihat hewan yang mirip monyet berekor pendek? Jika iya, mungkin kamu sedang bertemu dengan seekor kera ekor panjang. Namun, jika kamu belum pernah melihatnya, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kera Ekor Panjang

Kera ekor panjang atau dalam bahasa ilmiah disebut Macaca fascicularis adalah hewan primata yang sering dijumpai di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hewan ini memiliki ciri khas ekor yang relatif pendek dibandingkan dengan monyet lainnya.

Ukuran tubuh kera ekor panjang berkisar antara 40-60 cm dengan berat sekitar 5-10 kg. Bulu tubuhnya berwarna coklat keabu-abuan dan memiliki wajah yang khas dengan hidung dan bibir yang berwarna merah.

Kera ekor panjang merupakan hewan yang hidup di kawasan hutan dan sering terlihat bergerombol dengan kelompoknya. Mereka biasanya memakan buah-buahan, daun-daunan, dan serangga sebagai sumber makanan.

Perbedaan dengan Monyet Lainnya

Salah satu perbedaan kera ekor panjang dengan monyet lainnya adalah ukuran ekornya yang lebih pendek. Selain itu, mereka juga memiliki wajah yang lebih khas dan cenderung lebih kecil dibandingkan dengan jenis monyet lainnya.

Pos Terkait:  Arti Kata Melambai: Apa Itu dan Bagaimana Menggunakannya

Selain itu, kera ekor panjang juga memiliki perilaku sosial yang sangat kuat. Mereka sering terlihat bergerombol dengan kelompoknya dan saling membantu dalam mencari makanan dan melindungi diri dari predator.

Habitat dan Penyebaran

Kera ekor panjang merupakan hewan yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Mereka hidup di kawasan hutan dan sering terlihat bergerombol dengan kelompoknya.

Beberapa daerah di Indonesia yang menjadi habitat alami kera ekor panjang antara lain adalah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Ancaman Terhadap Kelangsungan Hidupnya

Meskipun kera ekor panjang merupakan hewan yang tergolong umum dan banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, namun populasi mereka terus mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

  • Perusakan habitat alaminya akibat pembangunan
  • Perburuan liar untuk diambil daging dan tulang-tulangnya
  • Pemangkasan pohon untuk keperluan kayu bakar dan kayu industri

Oleh karena itu, perlu adanya upaya konservasi dan perlindungan terhadap hewan ini agar populasi kera ekor panjang dapat terjaga dan tetap lestari.

Penutup

Kera ekor panjang merupakan hewan primata yang sering dijumpai di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hewan ini memiliki ciri khas ekor yang relatif pendek dibandingkan dengan monyet lainnya. Selain itu, kera ekor panjang juga memiliki perilaku sosial yang sangat kuat dan hidup di kawasan hutan.

Pos Terkait:  Arti Kata Naif adalah - Maksud, Pengertian, dan Contoh Kalimat

Namun, populasi kera ekor panjang saat ini terus mengalami penurunan akibat berbagai faktor seperti perusakan habitat alaminya dan perburuan liar. Oleh karena itu, perlu adanya upaya konservasi dan perlindungan terhadap hewan ini agar populasi mereka dapat terjaga dan tetap lestari untuk masa yang akan datang.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *