Hasil Faktorisasi dari X²+4x=21

Posted on

Jika Anda sedang mencari hasil faktorisasi dari X²+4x=21, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menghitung hasil faktorisasi dari persamaan tersebut dengan menggunakan metode faktorisasi.

Apa itu Faktorisasi?

Faktorisasi adalah proses memecah suatu bilangan atau persamaan menjadi faktor-faktor yang lebih sederhana. Dalam matematika, faktorisasi digunakan untuk menyelesaikan persamaan kuadrat seperti X²+4x=21.

Langkah Pertama: Merapikan Persamaan

Langkah pertama dalam menghitung hasil faktorisasi adalah merapikan persamaan. Dalam hal ini, persamaan yang akan kita faktorkan adalah X²+4x=21. Kita perlu menghilangkan konstanta pada sisi kanan persamaan untuk mendapatkan persamaan yang lebih sederhana.

Kita dapat melakukan ini dengan cara mengurangkan 21 dari kedua sisi persamaan:

X²+4x-21=0

Langkah Kedua: Mencari Faktor-faktor dari Persamaan

Langkah kedua dalam menghitung hasil faktorisasi adalah mencari faktor-faktor dari persamaan. Dalam hal ini, kita akan mencari dua bilangan yang jika dikalikan akan menghasilkan -21 dan jika ditambahkan akan menghasilkan 4.

Untuk mencari faktor-faktor dari persamaan, kita dapat menggunakan metode faktorisasi dengan mencari dua bilangan yang menghasilkan produk yang sama dengan -21 dan jumlahnya sama dengan 4. Dalam hal ini, kita dapat menemukan bahwa bilangan 7 dan -3 memenuhi persamaan tersebut.

Pos Terkait:  Arti Kata Hikmat dalam Alkitab

Sehingga, jika kita mengalikan 7 dan -3, maka kita akan mendapatkan -21. Jika kita menambahkan 7 dan -3, maka kita akan mendapatkan 4.

Langkah Ketiga: Menyusun Faktor-faktor Menjadi Persamaan Baru

Langkah ketiga dalam menghitung hasil faktorisasi adalah menyusun faktor-faktor menjadi persamaan baru. Dalam hal ini, kita akan menggunakan faktor-faktor yang telah kita temukan untuk menyusun persamaan baru.

Untuk menyusun persamaan baru, kita perlu memecah persamaan X²+4x-21 menjadi dua bagian, yaitu X²+7x-3x-21.

Kita dapat menyederhanakan persamaan tersebut menjadi (X+7)(X-3).

Langkah Keempat: Menguji Hasil Faktorisasi

Langkah terakhir dalam menghitung hasil faktorisasi adalah menguji hasil faktorisasi. Dalam hal ini, kita dapat mengalikan faktor-faktor yang telah kita temukan untuk memastikan bahwa hasilnya sama dengan persamaan asli.

Jika kita mengalikan (X+7)(X-3), maka kita akan mendapatkan X²+7x-3x-21, yang merupakan persamaan asli.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara menghitung hasil faktorisasi dari X²+4x=21. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah merapikan persamaan, mencari faktor-faktor dari persamaan, menyusun faktor-faktor menjadi persamaan baru, dan menguji hasil faktorisasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghitung hasil faktorisasi dari persamaan kuadrat seperti X²+4x=21. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami konsep faktorisasi dalam matematika.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *