Hasil dari (x + 9) (x – 9) adalah

Posted on

Pendahuluan

Dalam matematika, kita sering diberi persamaan untuk dipecahkan. Salah satu jenis persamaan adalah persamaan kuadrat. Persamaan kuadrat adalah persamaan yang memiliki bentuk ax^2 + bx + c = 0, dengan a, b, dan c adalah bilangan real dan x adalah variabel. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang hasil dari (x + 9) (x – 9) adalah.

Cara Mencari Hasil dari (x + 9) (x – 9)

Untuk mencari hasil dari (x + 9) (x – 9), kita harus menggunakan aturan perkalian binomial. Aturan perkalian binomial adalah rumus yang digunakan untuk mengalikan dua binomial. Berikut rumusnya: (a+b)(a-b) = a^2 – b^2. Kita bisa mengaplikasikan rumus ini untuk mencari hasil dari (x + 9) (x – 9).

Dalam hal ini, a = x dan b = 9. Jadi, kita bisa mengaplikasikan rumus aturan perkalian binomial menjadi: (x+9)(x-9) = x^2 – 9^2.

Memecahkan Hasil dari (x + 9) (x – 9)

Setelah kita mengetahui hasil dari (x + 9) (x – 9) adalah x^2 – 9^2, kita harus memecahkan hasil tersebut menjadi nilai yang lebih sederhana.

Pos Terkait:  Apa Bahasa Arabnya 1. Buku 2. Pintu 3. Kursi 4. Meja 5. Pulpen?

Pertama-tama, kita harus menghitung 9^2 terlebih dahulu. Kita bisa menghitungnya dengan cara 9 x 9 = 81. Jadi, x^2 – 9^2 dapat kita tulis menjadi x^2 – 81.

Contoh Soal

Mari kita lihat contoh soal yang menggunakan hasil dari (x + 9) (x – 9). Jika kita diberikan persamaan x^2 – 81 = 0, bagaimana cara mencari nilai x?

Kita bisa menggunakan rumus akar-akar persamaan kuadrat yaitu x = (-b ± √b^2 – 4ac) / 2a. Dalam persamaan ini, a = 1, b = 0, dan c = -81 karena persamaan yang diberikan bentuknya x^2 – 81 = 0.

Jadi, kita bisa menghitung nilai x dengan mengaplikasikan rumus akar-akar persamaan kuadrat: x = (-0 ± √0^2 – 4(1)(-81)) / 2(1) = ±√81 = ±9.

Jadi, nilai x adalah 9 atau -9.

Kesimpulan

Hasil dari (x + 9) (x – 9) adalah x^2 – 81. Untuk memecahkan hasil tersebut menjadi nilai yang lebih sederhana, kita bisa menghitung 9^2 terlebih dahulu dan menuliskannya sebagai x^2 – 81. Selain itu, kita juga dapat menggunakan hasil ini untuk menyelesaikan persamaan kuadrat.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami tentang hasil dari (x + 9) (x – 9) adalah. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *