Hasil dari 9 – ( – 12 ) adalah

Posted on

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam mencari hasil dari sebuah persamaan matematika? Salah satu persamaan matematika yang seringkali membingungkan adalah persamaan 9 – ( – 12 ). Bagaimana caranya untuk menemukan hasil dari persamaan matematika ini?

Konsep Dasar Persamaan Matematika

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai hasil dari persamaan matematika 9 – ( – 12 ), ada baiknya kita memahami dulu konsep dasar dari sebuah persamaan matematika. Persamaan matematika merupakan sebuah pernyataan yang menunjukkan kesetaraan antara dua nilai atau lebih. Simbol yang digunakan dalam persamaan matematika antara lain tanda sama dengan (=), lebih besar dari (>), kurang dari (

Mengenal Tanda Kurung dalam Persamaan Matematika

Tanda kurung dalam persamaan matematika memiliki fungsi untuk menentukan prioritas operasi. Dalam matematika, ada beberapa aturan urutan operasi yang berlaku, yaitu perkalian dan pembagian harus dilakukan terlebih dahulu sebelum penjumlahan dan pengurangan. Namun, jika terdapat tanda kurung dalam persamaan matematika, maka operasi yang dilakukan terlebih dahulu adalah yang ada di dalam kurung.

Pos Terkait:  Arti Kata Demokrasi

Mencari Hasil dari Persamaan Matematika 9 – ( – 12 )

Kembali ke persamaan matematika 9 – ( – 12 ), tanda kurung yang terdapat di dalam persamaan tersebut menunjukkan bahwa operasi yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah pengurangan. Namun, ada sebuah tanda negatif (-) di depan kurung yang membuat persamaan matematika ini menjadi sedikit membingungkan.

Untuk menyelesaikan hal ini, kita perlu mengingat kembali aturan matematika mengenai tanda negatif. Tanda negatif yang berada di depan suatu bilangan menandakan bahwa bilangan tersebut harus dikalikan dengan -1. Jadi, – 12 sebenarnya adalah -1 x 12.

Dengan memperhatikan aturan matematika di atas, kita dapat mengubah persamaan 9 – ( – 12 ) menjadi 9 – ( -1 x 12 ). Selanjutnya, kita dapat melakukan perkalian terlebih dahulu, sehingga persamaan tersebut menjadi 9 + 12.

Hasil dari Persamaan Matematika 9 – ( – 12 )

Setelah melakukan operasi matematika yang sesuai, kita dapat menemukan hasil dari persamaan matematika 9 – ( – 12 ) adalah 21.

Kesimpulan

Persamaan matematika seringkali membingungkan jika kita tidak memahami konsep dasar dan aturan-aturan yang berlaku. Dalam persamaan matematika 9 – ( – 12 ), tanda kurung dan tanda negatif memang membuat persamaan ini menjadi sedikit membingungkan. Namun, dengan memahami konsep dasar persamaan matematika dan aturan-aturan yang berlaku, kita dapat menemukan hasil dari persamaan matematika ini dengan mudah. Hasil dari persamaan matematika 9 – ( – 12 ) adalah 21.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *