Hasil dari 5/42 : 7/21 x 4/7 Adalah Pake Cara Kak Tolong Di

Posted on

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam menjawab soal matematika? Terutama ketika kamu harus melakukan operasi hitung dengan menggunakan pecahan? Jangan khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas cara untuk menyelesaikan soal matematika tersebut.

Pengertian Pecahan

Sebelum kita membahas cara menyelesaikan soal tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian pecahan. Pecahan adalah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang adalah angka yang berada di atas garis pecahan, sedangkan penyebut adalah angka yang berada di bawah garis pecahan.

Sebagai contoh, jika kita memiliki pecahan 3/4, maka 3 adalah pembilang dan 4 adalah penyebut. Secara umum, pecahan ditulis dalam bentuk a/b, di mana a adalah pembilang dan b adalah penyebut.

Cara Menyelesaikan Soal Matematika Pecahan

Untuk menyelesaikan soal matematika pecahan, kita perlu mengikuti aturan-aturan tertentu. Berikut adalah cara untuk menyelesaikan soal matematika pecahan dengan mudah:

Pos Terkait:  Apa Itu MOC?

1. Menyederhanakan Pecahan

Langkah pertama dalam menyelesaikan soal matematika pecahan adalah menyederhanakan pecahan. Pecahan dapat disederhanakan dengan mencari faktor dari pembilang dan penyebut. Faktor yang sama untuk pembilang dan penyebut dapat dibagi sehingga menyederhanakan pecahan.

Sebagai contoh, jika kita memiliki pecahan 6/12, maka kita dapat menyederhanakannya dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor 6. Hasilnya adalah 1/2.

2. Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Soal matematika pecahan juga dapat berupa pecahan campuran. Pecahan campuran adalah bilangan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Untuk menyelesaikan soal pecahan campuran, kita perlu mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu.

Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kita dapat mengalikan bilangan bulat dengan penyebut dan menambahkan pembilang pada hasil perkalian tersebut. Hasilnya adalah pecahan biasa.

3. Menjumlahkan atau Mengurangkan Pecahan

Untuk menjumlahkan atau mengurangkan pecahan, kita perlu mencari kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari penyebut pecahan. Setelah itu, kita dapat mengubah pecahan tersebut sehingga memiliki penyebut yang sama. Pembilang dapat dijumlahkan atau dikurangkan setelah penyebut sama.

4. Mengalikan atau Membagi Pecahan

Untuk mengalikan atau membagi pecahan, kita perlu mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut. Hasil perkalian atau pembagian tersebut adalah pecahan baru.

Pos Terkait:  10 Jenis Kerja Part Time yang Cocok untuk Mahasiswa

Contoh Soal Matematika Pecahan

Untuk lebih memahami cara menyelesaikan soal matematika pecahan, berikut adalah contoh soal:

Jika kita memiliki operasi hitung 5/42 : 7/21 x 4/7, maka hasilnya adalah?

Untuk menyelesaikan soal ini, kita perlu mengikuti aturan-aturan yang telah dibahas sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan soal tersebut:

1. Menyederhanakan Pecahan

Kita dapat menyederhanakan 7/21 menjadi 1/3 dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor 7. Selanjutnya, kita dapat menuliskan operasi hitung menjadi:

5/42 : 1/3 x 4/7

2. Mengalikan atau Membagi Pecahan

Kita dapat mengalikan 1/3 dengan 4/7, sehingga menjadi 4/21. Selanjutnya, kita dapat menuliskan operasi hitung menjadi:

5/42 : 4/21

3. Mengubah Pecahan Menjadi Bilangan Bulat

Kita dapat mengubah pecahan menjadi bilangan bulat dengan cara membalikkan pecahan kedua dan mengalikan keduanya. Hasilnya adalah:

5/42 x 21/4 = 35/168

Sehingga, hasil dari operasi hitung 5/42 : 7/21 x 4/7 adalah 35/168.

Kesimpulan

Menyelesaikan soal matematika pecahan memang terlihat rumit, tetapi jika kita mengikuti aturan-aturan yang ada, maka kita dapat menyelesaikan soal tersebut dengan mudah. Jangan takut untuk belajar dan berlatih, karena semakin sering kita berlatih, semakin mudah pula kita menguasai materi tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *