Hasil dari 2 Pangkat -2 Adalah ???

Posted on

Apakah kamu pernah mendengar tentang operasi pangkat negatif? Jika belum, mungkin kamu perlu tahu bahwa operasi pangkat negatif bisa dilakukan pada bilangan bulat. Salah satu contohnya adalah saat kita menghitung hasil dari 2 pangkat -2. Namun, sebelum membahas lebih jauh, mari kita ingat kembali tentang operasi pangkat.

Pangkat Positif

Operasi pangkat pada bilangan bulat dilakukan dengan memperbesar bilangan tersebut sebanyak pangkat yang dinyatakan. Misalnya, jika kita ingin menghitung 2 pangkat 3, maka artinya kita ingin memperbesar bilangan 2 sebanyak tiga kali. Hasilnya adalah 8 (2 x 2 x 2 = 8).

Pangkat Negatif

Nah, bagaimana dengan pangkat negatif? Pangkat negatif berarti kita ingin memperkecil bilangan tersebut sebanyak pangkat yang dinyatakan. Misalnya, jika kita ingin menghitung 2 pangkat -2, maka artinya kita ingin memperkecil bilangan 2 sebanyak dua kali. Bagaimana caranya?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ingat kembali tentang pembagian. Pembagian adalah operasi yang berkebalikan dengan perkalian. Misalnya, jika 4 x 2 = 8, maka 8 : 2 = 4. Begitu pula sebaliknya, jika 8 : 2 = 4, maka 4 x 2 = 8.

Pangkat Negatif dan Pembagian

Nah, kembali ke pembahasan tentang pangkat negatif. Kita bisa menggunakan pembagian untuk memperkecil sebuah bilangan sebanyak pangkat yang dinyatakan. Misalnya, jika kita ingin memperkecil bilangan 2 sebanyak dua kali (atau 2 pangkat -2), maka kita bisa membagi 1 dengan 2 pangkat 2 (atau 4).

Pos Terkait:  Apa Bedanya Biawak dan Buaya?

Hasilnya adalah:

1 / 2 pangkat 2 = 1 / 4 = 0.25

Kesimpulan

Jadi, hasil dari 2 pangkat -2 adalah 0.25. Kita bisa menggunakan pembagian untuk memperkecil sebuah bilangan sebanyak pangkat yang dinyatakan. Operasi pangkat negatif memang terlihat sedikit rumit, tapi dengan memahami konsep dasarnya, kita bisa menghitung hasilnya dengan mudah.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *