Gerakan Senam Lantai yang Mendukung Gerakan Meroda

Posted on

Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Olahraga ini biasanya dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan berbagai gerakan yang melibatkan seluruh tubuh. Salah satu gerakan yang sering dilakukan dalam senam lantai adalah gerakan meroda. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh. Namun, untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan baik, diperlukan gerakan-gerakan pendukung yang dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan gerakan meroda.

1. Gerakan Plank

Gerakan plank adalah salah satu gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot perut dan punggung. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan stabilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan plank, berbaringlah telungkup di atas matras dengan kedua tangan Anda berada tepat di bawah bahu. Angkat tubuh Anda dari lantai sehingga Anda berada dalam posisi push-up. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum turun kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

2. Gerakan Bird Dog

Gerakan bird dog adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot punggung dan kaki. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan bird dog, berdirilah dengan posisi tangan dan lutut di bawah bahu dan panggul. Kemudian, angkat tangan dan kaki yang berlawanan dari lantai sehingga Anda membentuk garis lurus dari kepala hingga jari kaki. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

3. Gerakan Bridge

Gerakan bridge adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot pinggul dan punggung. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan bridge, berbaringlah telentang di atas matras dengan kedua kaki Anda ditekuk dan kedua tangan berada di samping tubuh. Angkat pinggul Anda dari lantai sehingga Anda membentuk garis lurus dari bahu hingga lutut. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum turun kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

4. Gerakan Standing Split

Gerakan standing split adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan fleksibilitas tubuh. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan standing split, berdirilah dengan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang. Kemudian, tekuk tubuh Anda ke depan sehingga tangan Anda menyentuh lantai dan kaki belakang Anda terangkat ke atas. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

Pos Terkait:  Lari Jarak Jauh Menggunakan Start: Pelajari Tekniknya

5. Gerakan Lunge

Gerakan lunge adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot kaki dan panggul. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan lunge, berdirilah dengan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang. Kemudian, tekuk kedua lutut Anda sehingga Anda membentuk sudut 90 derajat dengan kedua kaki Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

6. Gerakan Toe Touch

Gerakan toe touch adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan fleksibilitas tubuh. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan toe touch, berdirilah dengan kedua kaki lurus dan tangan Anda mengarah ke atas. Kemudian, tekuk tubuh Anda ke depan sehingga tangan Anda menyentuh jari kaki Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

7. Gerakan Russian Twist

Gerakan russian twist adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot perut dan pinggul. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan stabilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan russian twist, duduklah di atas matras dengan kedua kaki lurus dan tangan Anda mengarah ke depan. Kemudian, tekuk lutut Anda dan angkat kedua kaki Anda dari lantai. Putar tubuh Anda ke kanan dan ke kiri sehingga tangan kanan Anda menyentuh lantai di sisi kiri tubuh Anda dan tangan kiri Anda menyentuh lantai di sisi kanan tubuh Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

8. Gerakan Side Plank

Gerakan side plank adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot samping tubuh dan perut. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan stabilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan side plank, berbaringlah telentang di atas matras dengan kedua tangan Anda berada tepat di bawah bahu. Angkat tubuh Anda dari lantai sehingga Anda berada dalam posisi push-up. Kemudian, putar tubuh Anda ke samping sehingga Anda berada dalam posisi side plank. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum turun kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali di setiap sisi tubuh Anda.

Pos Terkait:  Mata Kuliah Akuntansi Syariah: Pengenalan, Manfaat, dan Peluang Karir

9. Gerakan Leg Raise

Gerakan leg raise adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot perut dan kaki. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan stabilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan leg raise, berbaringlah telentang di atas matras dengan kedua tangan Anda berada di samping tubuh. Angkat kedua kaki Anda dari lantai sehingga Anda membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum turun kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

10. Gerakan Squat

Gerakan squat adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot kaki dan panggul. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan squat, berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar bahu dan tangan Anda mengarah ke depan. Kemudian, tekuk kedua lutut Anda sehingga Anda membentuk sudut 90 derajat dengan kedua kaki Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

11. Gerakan Leg Curl

Gerakan leg curl adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot paha dan panggul. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan stabilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan leg curl, berbaringlah telentang di atas matras dengan kedua tangan Anda berada di samping tubuh. Angkat kedua kaki Anda dari lantai sehingga Anda membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh Anda. Kemudian, tekuk kedua lutut Anda sehingga tumit Anda menyentuh pantat Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

12. Gerakan Mountain Climber

Gerakan mountain climber adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot perut dan kaki. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan mountain climber, berbaringlah telungkup di atas matras dengan kedua tangan Anda berada tepat di bawah bahu. Angkat tubuh Anda dari lantai sehingga Anda berada dalam posisi push-up. Kemudian, tarik lutut kanan Anda ke arah dada Anda dan kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan yang sama dengan kaki kiri Anda. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali di setiap sisi tubuh Anda.

Pos Terkait:  Yang Bertugas Memimpin dalam Paduan Suara Disebut ..

13. Gerakan Superman

Gerakan superman adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot punggung dan kaki. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan stabilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan superman, berbaringlah telentang di atas matras dengan kedua tangan Anda berada di samping tubuh. Kemudian, angkat kedua kaki dan tangan Anda dari lantai sehingga Anda membentuk garis lurus dari kepala hingga jari kaki. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

14. Gerakan Plie Squat

Gerakan plie squat adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot kaki dan panggul. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan plie squat, berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar bahu dan tangan Anda mengarah ke depan. Kemudian, tekuk kedua lutut Anda sehingga Anda membentuk sudut 90 derajat dengan kedua kaki Anda. Posisikan kedua kaki Anda sedikit ke luar sehingga Anda merasa tertarik di otot paha bagian dalam. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

15. Gerakan Bicycle Crunch

Gerakan bicycle crunch adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot perut dan samping tubuh. Gerakan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan stabilitas tubuh sehingga Anda dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih baik. Untuk melakukan gerakan bicycle crunch, berbaringlah telentang di atas matras dengan kedua tangan Anda berada di belakang kepala. Angkat kedua kaki Anda dari lantai sehingga Anda membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh Anda. Kemudian, tekuk lutut kanan Anda dan tarik lutut kiri Anda ke arah dada Anda. Lakukan gerakan yang sama dengan kaki dan lutut yang berlawanan. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali di setiap sisi tubuh Anda.

16. Gerakan Hip Bridge

Gerakan hip bridge adalah gerakan yang sangat efektif dalam membantu Anda meningkatkan kekuatan otot pinggul dan punggung. Gerakan ini juga dapat

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *