Gambarkan Not-Not Balok, dari 1/4 Ketuk Sampai Seterusnya

Posted on

Bagi para musisi, not balok adalah hal yang sangat penting dalam pembuatan musik. Not balok digunakan untuk menggambarkan nada dan ritme dari sebuah lagu. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas cara menggambar not balok dari 1/4 ketuk sampai seterusnya. Berikut penjelasannya:

Pendahuluan

Sebelum masuk ke pembahasan menggambar not balok, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu not balok. Not balok terdiri dari lima garis dan empat ruang. Garis-garis dan ruang tersebut mewakili nada-nada dalam sebuah lagu. Not balok juga dilengkapi dengan tanda-tanda musik yang menunjukkan panjang pendeknya nada dan ritme dari sebuah lagu.

1/4 Ketuk

Untuk menggambar not balok dari 1/4 ketuk, pertama-tama kita harus memahami terlebih dahulu apa itu 1/4 ketuk. 1/4 ketuk artinya setiap ketukan dalam sebuah lagu dibagi menjadi empat bagian. Jadi, misalnya sebuah lagu memiliki ketukan sebanyak empat kali, maka dalam 1/4 ketuk setiap ketukan akan dibagi menjadi empat bagian.

Untuk menggambar not balok dari 1/4 ketuk, pertama-tama kita harus menuliskan tanda waktu terlebih dahulu. Tanda waktu digunakan untuk menunjukkan jumlah ketukan dalam sebuah lagu. Setelah itu, kita bisa mulai menggambar not balok.

Pos Terkait:  Berikan Contoh Lima Pertanyaan Kritis dengan Topik Kenakalan

Untuk menggambar not balok dari 1/4 ketuk, kita bisa menggunakan tanda titik atau tanda x. Tanda titik digunakan untuk menunjukkan nada yang harus dimainkan, sedangkan tanda x digunakan untuk menunjukkan ketukan yang harus dihiraukan. Misalnya:

Tanda waktu: 4/4

Gambar not balok:

. . . .

Artinya, pada setiap ketukan harus dimainkan sebuah nada.

1/8 Ketuk

Untuk menggambar not balok dari 1/8 ketuk, cara yang digunakan hampir sama dengan 1/4 ketuk. Bedanya, dalam 1/8 ketuk setiap ketukan dibagi menjadi delapan bagian. Jadi, misalnya sebuah lagu memiliki ketukan sebanyak delapan kali, maka dalam 1/8 ketuk setiap ketukan akan dibagi menjadi delapan bagian.

Untuk menggambar not balok dari 1/8 ketuk, kita juga bisa menggunakan tanda titik atau tanda x. Misalnya:

Tanda waktu: 4/4

Gambar not balok:

. x . x . x . x .

Artinya, pada ketukan pertama, ketiga, kelima, dan ketujuh harus dimainkan sebuah nada. Sedangkan pada ketukan kedua, keempat, keenam, dan kedelapan harus dihiraukan.

1/16 Ketuk

Untuk menggambar not balok dari 1/16 ketuk, cara yang digunakan hampir sama dengan 1/8 ketuk. Bedanya, dalam 1/16 ketuk setiap ketukan dibagi menjadi enam belas bagian. Jadi, misalnya sebuah lagu memiliki ketukan sebanyak enam belas kali, maka dalam 1/16 ketuk setiap ketukan akan dibagi menjadi enam belas bagian.

Pos Terkait:  Arti Kata Cut - Mengenal Lebih Jauh Tentang Istilah Cut

Untuk menggambar not balok dari 1/16 ketuk, kita juga bisa menggunakan tanda titik atau tanda x. Misalnya:

Tanda waktu: 4/4

Gambar not balok:

. x . x . x . x . x . x . x . x . x . x . x . x . x .

Artinya, pada ketukan pertama, ketiga, kelima, ketujuh, kesembilan, kesebelas, ketiga belas, dan kelima belas harus dimainkan sebuah nada. Sedangkan pada ketukan kedua, keempat, keenam, kedelapan, kesepuluh, keduabelas, keempatbelas, dan keenambelas harus dihiraukan.

Kesimpulan

Menggambar not balok dari 1/4 ketuk sampai seterusnya memang membutuhkan pemahaman terlebih dahulu tentang not balok dan tanda waktu. Namun, dengan latihan yang terus-menerus, kita akan semakin terbiasa dan mahir dalam menggambar not balok. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para musisi pemula yang ingin belajar menggambar not balok.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *