Gambar Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Posted on

Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk memperbesar gambar objek yang sangat kecil. Alat ini memiliki beberapa bagian yang sangat penting dalam memperbesar gambar tersebut. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah gambar bagian mikroskop dan fungsinya.

Lensa Obyektif

Lensa obyektif adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk memperbesar objek yang akan diamati. Lensa ini diletakkan di bawah objek dan mempunyai tingkat pembesaran yang berbeda-beda. Biasanya lensa obyektif memiliki tingkat pembesaran 4x, 10x, 40x, dan 100x. Semakin besar tingkat pembesaran, semakin besar pula pembesaran yang dihasilkan.

Lensa Okuler

Lensa okuler adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk memperbesar gambar yang dihasilkan oleh lensa obyektif. Lensa ini diletakkan di atas tabung mikroskop dan biasanya memiliki tingkat pembesaran 10x. Lensa okuler ini dapat diganti dengan lensa yang memiliki tingkat pembesaran yang berbeda-beda.

Lensa Kondensor

Lensa kondensor adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk ke objek. Lensa ini diletakkan di bawah objek dan dapat diatur tingkat kecerahannya. Dengan menggunakan lensa kondensor, cahaya yang masuk ke objek akan terfokus dengan baik sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih jelas.

Pos Terkait:  Perbedaan Utama Antara Konsep Produk, Konsep Penjualan, dan Konsep Pemasaran 3

Meja Objek

Meja objek adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk menempatkan objek yang akan diamati. Meja objek biasanya dapat diatur ketinggiannya sehingga objek dapat dilihat dengan jelas.

Diaphragm

Diaphragm adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke objek. Diaphragm ini terletak di bawah lensa kondensor dan dapat diatur tingkat kecerahannya. Dengan menggunakan diaphragm, cahaya yang masuk ke objek dapat disesuaikan dengan kondisi objek yang akan diamati.

Tabung Mikroskop

Tabung mikroskop adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk menempatkan lensa obyektif dan lensa okuler. Tabung mikroskop ini dapat diatur tinggi rendahnya sehingga pengamat dapat melihat objek dengan jelas.

Revolver

Revolver adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk mengganti lensa obyektif. Revolver ini terletak di bawah meja objek dan dapat diputar untuk mengganti lensa obyektif dengan tingkat pembesaran yang berbeda-beda.

Bagian-Bagian Lainnya

Selain bagian-bagian di atas, mikroskop juga memiliki beberapa bagian lainnya yang memiliki fungsi penting. Beberapa bagian lainnya tersebut antara lain adalah:

  • Tombol Fokus: Berfungsi untuk mengatur jarak antara lensa obyektif dan objek yang akan diamati. Dengan menggunakan tombol fokus ini, gambar yang dihasilkan menjadi lebih jelas.
  • Baterai: Mikroskop yang menggunakan lampu sebagai sumber cahaya memerlukan baterai untuk menghidupkan lampu tersebut.
  • Lampu: Lampu merupakan sumber cahaya pada mikroskop. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu ini akan masuk ke objek melalui lensa kondensor.
Pos Terkait:  Jelaskan Perbedaan Organisasi Otonom Khusus dan Umum

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mikroskop memiliki beberapa bagian yang sangat penting dalam memperbesar gambar objek yang sangat kecil. Setiap bagian mikroskop memiliki fungsinya masing-masing yang sangat berpengaruh terhadap hasil gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami fungsi setiap bagian mikroskop agar dapat mengoperasikan alat ini dengan baik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *