Fungsi dari: Kepala Sari, Kepala Putik, dan Tangkai Putik

Posted on

Setiap bagian bunga memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam proses reproduksi tumbuhan. Tiga bagian bunga yang menjadi fokus dalam artikel ini adalah kepala sari, kepala putik, dan tangkai putik. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai fungsi dari ketiga bagian bunga tersebut.

Kepala Sari

Kepala sari merupakan bagian bunga yang terletak di bagian tengah. Bagian ini terdiri dari beberapa benang sari yang di dalamnya terdapat serbuk sari. Fungsi dari kepala sari adalah sebagai organ jantan yang menghasilkan serbuk sari yang akan digunakan untuk membuahi sel telur pada kepala putik.

Serbuk sari yang dihasilkan oleh kepala sari akan dibawa oleh angin atau serangga untuk dihantarkan ke kepala putik. Proses penyerbukan ini akan memicu terbentuknya biji pada bunga sehingga tumbuhan dapat bereproduksi dan berkembang biak.

Kepala Putik

Kepala putik merupakan bagian bunga yang terletak di bagian tepi. Bagian ini terdiri dari satu atau beberapa tangkai putik yang di dalamnya terdapat ovarium yang berisi sel telur. Fungsi dari kepala putik adalah sebagai organ betina yang menerima serbuk sari yang dibawa oleh angin atau serangga dari kepala sari.

Pos Terkait:  6 Hal yang Bukan Arti Penting Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Setelah serbuk sari masuk ke dalam kepala putik, terjadi proses penyerbukan yang menghasilkan pembuahan. Sel telur pada kepala putik akan dibuahi oleh serbuk sari yang membentuk zigot yang nantinya akan berkembang menjadi biji pada bunga.

Tangkai Putik

Tangkai putik merupakan bagian bunga yang menghubungkan kepala putik dengan mahkota bunga. Fungsi dari tangkai putik adalah sebagai tempat melekatnya kepala putik sehingga terjadi proses penyerbukan antara kepala sari dan kepala putik.

Selain itu, tangkai putik juga berfungsi sebagai penghubung antara kepala putik dengan bagian lain dari tumbuhan seperti batang dan akar. Hal ini memungkinkan adanya aliran zat-zat yang diperlukan oleh bunga untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ketiga bagian bunga yaitu kepala sari, kepala putik, dan tangkai putik memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses reproduksi tumbuhan. Kepala sari sebagai organ jantan menghasilkan serbuk sari yang akan digunakan untuk membuahi sel telur pada kepala putik sebagai organ betina. Sedangkan tangkai putik berfungsi sebagai penghubung antara kepala putik dengan mahkota bunga dan bagian lain dari tumbuhan. Dengan adanya ketiga bagian bunga ini, tumbuhan dapat bereproduksi dan berkembang biak dengan baik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *