Fe Masuk Golongan Berapa: Penjelasan Lengkap

Posted on

Fe atau zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah Fe masuk golongan berapa pada sistem periodik unsur?

Golongan Fe pada Sistem Periodik Unsur

Fe atau zat besi termasuk dalam golongan 8 atau VIII pada sistem periodik unsur. Golongan ini juga dikenal sebagai golongan logam transisi atau golongan besi. Golongan ini terdiri dari unsur-unsur yang memiliki konfigurasi elektron 3d pada kulit terluarnya.

Unsur-unsur dalam golongan ini memiliki sifat-sifat yang mirip seperti konduktivitas listrik dan panas yang tinggi, memiliki sifat magnetik, dan dapat membentuk senyawa dengan oksigen. Selain Fe, golongan ini juga terdiri dari unsur seperti nikel (Ni), kobalt (Co), dan tembaga (Cu).

Kegunaan Fe dalam Tubuh Manusia

Fe memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Mineral ini membantu menghasilkan sel darah merah yang sehat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu, Fe juga diperlukan untuk menghasilkan neurotransmitter dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pos Terkait:  Love You More Artinya? Terus Kalo Mau Bales Pake Bahasa

Kelebihan atau kekurangan Fe dapat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Kekurangan Fe dapat menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah, yang dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan sesak napas. Sementara itu, kelebihan Fe dapat menyebabkan keracunan logam dan mempengaruhi fungsi hati, pankreas, dan jantung.

Sumber Fe yang Baik untuk Tubuh

Untuk memenuhi kebutuhan Fe harian, ada beberapa sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi seperti:

  • Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba
  • Ayam dan ikan
  • Bayam dan sayuran hijau lainnya
  • Alpukat dan buah-buahan seperti buah delima dan aprikot
  • Biji-bijian seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan biji labu

Menjaga asupan Fe yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Namun, terlalu banyak Fe juga dapat berbahaya, sehingga penting untuk memenuhi kebutuhan Fe harian tanpa melebihi batas yang dianjurkan.

Kesimpulan

Dalam sistem periodik unsur, Fe masuk ke dalam golongan 8 atau VIII, yang juga dikenal sebagai golongan logam transisi atau golongan besi. Mineral ini memiliki peran penting dalam tubuh manusia untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Memenuhi kebutuhan Fe harian dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia, namun terlalu banyak Fe juga dapat berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan Fe harian tanpa melebihi batas yang dianjurkan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *