Faktor dari x²-4x-21 adalah Memakai Cara

Posted on

Jika Anda sedang mencari faktor dari x²-4x-21, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara untuk menemukan faktor dari persamaan tersebut menggunakan beberapa metode yang berbeda. Jadi, mari kita mulai!

Pertama, Gunakan Metode Faktorisasi

Metode pertama yang bisa Anda gunakan untuk menemukan faktor dari x²-4x-21 adalah dengan menggunakan metode faktorisasi. Metode ini melibatkan pencarian dua angka yang ketika dikalikan akan menghasilkan -21 dan ketika dijumlahkan akan menghasilkan -4.

Langkah pertama dalam metode faktorisasi adalah dengan mencari faktor dari -21. Faktor-faktor dari -21 adalah 1, -1, 3, -3, 7, dan -7. Setelah itu, kita perlu mencari dua angka dari faktor-faktor tersebut yang ketika dikalikan akan menghasilkan -21 dan ketika dijumlahkan akan menghasilkan -4.

Setelah melakukan beberapa perhitungan, kita dapat menemukan bahwa angka-angka tersebut adalah -3 dan 7. Oleh karena itu, faktor dari x²-4x-21 adalah (x-7) dan (x+3).

Kedua, Gunakan Metode Kuadratik

Jika Anda tidak ingin menggunakan metode faktorisasi, maka Anda dapat menggunakan metode kuadratik untuk menemukan faktor dari x²-4x-21. Metode ini melibatkan penggunaan rumus kuadratik untuk menemukan akar-akar dari persamaan tersebut.

Pos Terkait:  Arti Kata BG dalam Bahasa Gaul

Langkah pertama dalam metode kuadratik adalah dengan menentukan nilai a, b, dan c dari persamaan x²-4x-21. Dalam hal ini, a adalah koefisien dari x², b adalah koefisien dari x, dan c adalah konstanta. Jadi, dalam persamaan x²-4x-21, a adalah 1, b adalah -4, dan c adalah -21.

Setelah menentukan nilai a, b, dan c, kita dapat menggunakan rumus kuadratik untuk menemukan akar-akar dari persamaan tersebut. Rumus kuadratik adalah:

x = (-b ± √b²-4ac) / 2a

Jadi, dalam kasus ini, kita dapat menentukan akar-akar dari persamaan x²-4x-21 dengan mengganti nilai a, b, dan c ke dalam rumus kuadratik. Setelah melakukan beberapa perhitungan, kita dapat menemukan bahwa akar-akar dari persamaan tersebut adalah 7 dan -3.

Oleh karena itu, faktor dari x²-4x-21 adalah (x-7) dan (x+3).

Ketiga, Gunakan Metode Kelompok

Metode ketiga yang dapat Anda gunakan untuk menemukan faktor dari x²-4x-21 adalah dengan menggunakan metode kelompok. Metode ini melibatkan pengelompokkan koefisien dari x dan konstanta untuk membentuk dua kelompok yang dapat difaktorkan.

Langkah pertama dalam metode kelompok adalah dengan mengelompokkan koefisien dari x dan konstanta. Dalam hal ini, koefisien dari x adalah -4 dan konstanta adalah -21. Kita dapat mengelompokkan -4 dan -21 menjadi dua kelompok yang dapat difaktorkan:

Pos Terkait:  Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen: Apa Sebenarnya?

x²-4x-21 = (x²-7x)+(3x-21)

Setelah mengelompokkan koefisien dari x dan konstanta, kita dapat menemukan faktor dari x²-4x-21 dengan mencari faktor dari setiap kelompok. Dalam hal ini, kita dapat menemukan faktor dari (x²-7x) dan (3x-21) sebagai berikut:

x²-7x = x(x-7)

3x-21 = 3(x-7)

Dengan demikian, faktor dari x²-4x-21 adalah (x-7) dan (x+3).

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas tiga metode yang dapat Anda gunakan untuk menemukan faktor dari x²-4x-21. Metode pertama adalah dengan menggunakan metode faktorisasi, metode kedua adalah dengan menggunakan metode kuadratik, dan metode ketiga adalah dengan menggunakan metode kelompok.

Semua metode tersebut dapat membantu Anda menemukan faktor dari persamaan tersebut. Namun, metode yang paling tepat untuk digunakan tergantung pada kondisi dan preferensi Anda. Jadi, cobalah ketiga metode tersebut dan pilihlah yang terbaik untuk Anda!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *