External Customer Dibagi Menjadi 2 Apa Saja

Posted on

External customer adalah konsumen yang berada di luar organisasi atau perusahaan. Konsumen ini menjadi target utama dari perusahaan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam bisnis, external customer dibagi menjadi dua jenis, yaitu customer individual dan customer korporat.

Customer Individual

Customer individual adalah konsumen yang membeli produk atau jasa untuk kebutuhan pribadi. Contohnya seperti pembelian makanan, pakaian, atau kebutuhan rumah tangga lainnya. Customer individual ini biasanya melakukan pembelian secara langsung di toko atau melalui e-commerce.

Untuk meningkatkan kepuasan customer individual, perusahaan perlu mengoptimalkan layanan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan informasi produk yang jelas dan mudah dipahami, memberikan diskon atau promo menarik, serta menjamin kualitas produk yang dijual.

Customer Korporat

Customer korporat adalah konsumen yang membeli produk atau jasa untuk kebutuhan bisnis. Contohnya seperti pembelian bahan baku atau peralatan kantor. Customer korporat ini biasanya melakukan pembelian secara online atau melalui perjanjian kontrak.

Untuk meningkatkan kepuasan customer korporat, perusahaan perlu mengoptimalkan layanan purna jual. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan garansi produk yang jelas dan mudah dipahami, menyediakan layanan perbaikan atau penggantian produk yang cepat dan efektif, serta memberikan diskon khusus atau program loyalitas bagi customer korporat.

Pos Terkait:  Lampu Kota Pada Sistem Penerangan: Meningkatkan Kualitas Kehidupan Kota

Perbedaan Strategi Pemasaran

Perbedaan antara customer individual dan customer korporat juga mempengaruhi strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Untuk customer individual, perusahaan dapat menggunakan media sosial atau influencer untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Sedangkan untuk customer korporat, perusahaan dapat menggunakan media bisnis atau melakukan kerja sama dengan perusahaan lain untuk meningkatkan brand awareness.

Dalam hal pengembangan produk, perusahaan juga perlu mempertimbangkan kebutuhan dari masing-masing jenis konsumen. Untuk customer individual, perusahaan dapat mengembangkan produk yang lebih variatif dan mudah diakses. Sedangkan untuk customer korporat, perusahaan perlu mengembangkan produk yang berkualitas dan dapat diandalkan untuk kebutuhan bisnis mereka.

Kesimpulan

Dalam bisnis, external customer dibagi menjadi dua jenis, yaitu customer individual dan customer korporat. Keduanya memiliki kebutuhan yang berbeda dan perusahaan perlu mengoptimalkan layanan mereka untuk meningkatkan kepuasan customer. Perbedaan antara customer individual dan customer korporat juga mempengaruhi strategi pemasaran dan pengembangan produk yang dilakukan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan dengan baik kebutuhan dari masing-masing jenis konsumen agar dapat memenuhi harapan mereka dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Related posts:
Pos Terkait:  Arti Kata Tired: Mengenal Lebih Dekat dengan Arti Lelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *