Dimana Tempat Terjadinya Filtrasi, Reabsorpsi, dan Augmentasi?

Posted on

Proses filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi adalah proses penting yang terjadi di dalam tubuh manusia. Tiga proses ini terjadi di dalam sistem ginjal dan bertanggung jawab atas pemurnian darah dari zat-zat sisa dan pengaturan keseimbangan cairan dalam tubuh. Di manakah tempat terjadinya tiga proses tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Filtrasi

Proses filtrasi terjadi di dalam glomerulus, yaitu sebuah rangkaian pembuluh darah kecil berbentuk bola yang terdapat di dalam ginjal. Darah yang kotor masuk ke dalam glomerulus dan difiltrasi, sehingga zat-zat sisa seperti urea, asam urat, dan kreatinin terpisah dari darah dan masuk ke dalam cairan filtrat.

Filtrasi terjadi karena adanya tekanan hidrostatik dalam pembuluh darah yang lebih besar dibandingkan tekanan osmotik dalam glomerulus. Hal ini memungkinkan cairan darah mengalir ke dalam glomerulus dan melepaskan zat-zat sisa.

Reabsorpsi

Setelah filtrasi, cairan filtrat mengalir ke dalam tubulus ginjal. Di sini, terjadi proses reabsorpsi, yaitu proses penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna untuk tubuh seperti glukosa, air, dan elektrolit. Reabsorpsi terjadi di sepanjang tubulus ginjal dan dilakukan oleh sel-sel yang membentuk dinding tubulus.

Pos Terkait:  Tugas Karyawan Notaris: Apa yang Harus Diketahui?

Proses reabsorpsi terjadi karena adanya proses pemilihan di dalam tubulus ginjal. Zat-zat yang masih berguna dipilih untuk diserap kembali ke dalam darah, sedangkan zat-zat yang tidak berguna akan tetap di dalam tubulus dan dibuang bersama urin.

Augmentasi

Setelah proses reabsorpsi, cairan yang tersisa dalam tubulus ginjal mengalir ke dalam daerah medula ginjal. Di sini, terjadi proses augmentasi, yaitu proses penambahan zat tertentu ke dalam cairan urin untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Proses augmentasi terjadi karena adanya hormon ADH (antidiuretik hormon) yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis. Hormon ini merangsang sel-sel dalam tubulus ginjal untuk menyerap kembali air dari cairan urin, sehingga cairan urin menjadi lebih sedikit dan lebih kental.

Kesimpulan

Tiga proses penting dalam sistem ginjal, yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi, terjadi di dalam glomerulus, tubulus ginjal, dan daerah medula ginjal. Proses filtrasi terjadi di dalam glomerulus, proses reabsorpsi terjadi di sepanjang tubulus ginjal, dan proses augmentasi terjadi di daerah medula ginjal.

Proses-proses tersebut sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membuang zat-zat sisa dari darah. Dengan mengetahui di mana tempat terjadinya tiga proses tersebut, kita bisa lebih memahami bagaimana ginjal bekerja dan menjaga kesehatan tubuh kita.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *