Diketahui suatu persegi panjang memiliki panjang (5 + √2) cm

Posted on

Saat membahas bangun datar, persegi panjang adalah salah satu bentuk yang sering ditemui. Persegi panjang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang, serta memiliki empat sudut yang sama besar. Dalam sebuah soal matematika, diberikan informasi bahwa suatu persegi panjang memiliki panjang (5 + √2) cm. Apa yang dapat kita simpulkan dari informasi tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Definisi Persegi Panjang

Sebelum membahas lebih lanjut tentang persegi panjang yang memiliki panjang (5 + √2) cm, mari kita ulas terlebih dahulu definisi dari persegi panjang itu sendiri. Persegi panjang adalah sebuah bangun datar dua dimensi yang terdiri dari dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang, serta memiliki empat sudut yang sama besar. Dalam hal ini, panjang merupakan ukuran dari sisi yang sejajar dengan lebar.

Panjang Persegi Panjang (5 + √2) cm

Dalam soal matematika yang diberikan, diketahui bahwa suatu persegi panjang memiliki panjang (5 + √2) cm. Panjang ini dapat diartikan sebagai ukuran dari sisi yang sejajar dengan lebar. Oleh karena itu, jika panjang persegi panjang adalah (5 + √2) cm, maka lebarnya juga harus sama dengan (5 + √2) cm.

Pos Terkait:  Apa Maksud Latina?

Rumus Luas Persegi Panjang

Setelah mengetahui panjang dan lebar dari persegi panjang, kita dapat menghitung luasnya. Rumus luas persegi panjang adalah panjang x lebar. Dalam hal ini, jika panjang dan lebar persegi panjang adalah (5 + √2) cm, maka luasnya dapat dihitung sebagai berikut:

Luas persegi panjang = (5 + √2) cm x (5 + √2) cm

Luas persegi panjang = 25 cm² + 2√2 cm² + 2√2 cm² + 2 cm²

Luas persegi panjang = 27 cm² + 4√2 cm²

Rumus Keliling Persegi Panjang

Selain rumus luas, rumus keliling persegi panjang juga perlu diketahui. Rumus keliling persegi panjang adalah 2 x (panjang + lebar). Oleh karena itu, jika panjang dan lebar persegi panjang adalah (5 + √2) cm, maka kelilingnya dapat dihitung sebagai berikut:

Keliling persegi panjang = 2 x ((5 + √2) cm + (5 + √2) cm)

Keliling persegi panjang = 2 x (10 + 2√2) cm

Keliling persegi panjang = 20 cm + 4√2 cm

Penyelesaian Soal Matematika

Dalam soal matematika yang diberikan, diketahui bahwa suatu persegi panjang memiliki panjang (5 + √2) cm. Kita dapat menggunakan informasi ini untuk menghitung luas dan kelilingnya. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, luas persegi panjang adalah 27 cm² + 4√2 cm², sedangkan kelilingnya adalah 20 cm + 4√2 cm.

Pos Terkait:  Arti Kata Hambar: Pengertian, Contoh, dan Cara Menghindarinya

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jika suatu persegi panjang memiliki panjang (5 + √2) cm, maka lebarnya juga harus sama dengan (5 + √2) cm. Luas persegi panjang dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas persegi panjang, yaitu panjang x lebar. Sedangkan keliling persegi panjang dapat dihitung dengan menggunakan rumus keliling persegi panjang, yaitu 2 x (panjang + lebar). Informasi ini dapat digunakan untuk menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan persegi panjang yang memiliki panjang (5 + √2) cm.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *