Contoh Surat Undangan: Cara Menulis Surat Undangan yang Baik dan Benar

Posted on

Surat undangan adalah komunikasi tertulis yang digunakan untuk mengajak seseorang atau sekelompok orang untuk menghadiri acara tertentu. Surat ini sangat penting untuk memastikan kehadiran tamu pada acara yang diadakan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menulis surat undangan yang baik dan benar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan contoh surat undangan serta cara menulisnya dengan benar.

Persiapan Menulis Surat Undangan

Sebelum menulis surat undangan, pastikan kita mengetahui beberapa hal penting terkait acara yang akan diadakan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menulis surat undangan antara lain:

  • Tanggal dan waktu acara
  • Tempat acara
  • Tujuan acara
  • Siapa yang diundang
  • Informasi kontak penyelenggara acara

Dengan mengetahui informasi di atas, kita akan lebih mudah untuk menulis surat undangan yang jelas dan terstruktur dengan baik.

Contoh Surat Undangan Sederhana

Berikut ini adalah contoh surat undangan yang sederhana:

Perusahaan ABC
Jl. Pahlawan No. 123
Jakarta Selatan

Undangan
Kepada Yth. Bapak/Ibu/Saudara/i

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun perusahaan ABC yang ke-10, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk menghadiri acara perayaan yang akan diadakan pada:

Pos Terkait:  Berikut yang bukan bahan bakar fosil adalah . a. batubara b

Hari/Tanggal: Senin, 10 Agustus 2020
Waktu: 19.00 WIB s.d selesai
Tempat: Hotel Grand Indonesia, Jakarta Selatan

Kami akan menyediakan makan malam dan hiburan untuk tamu undangan. Kami harap Bapak/Ibu/Saudara/i dapat hadir dan memberikan kesan yang indah dalam perayaan ulang tahun perusahaan kami.

Terima kasih atas perhatiannya dan kami tunggu kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i.

Hormat kami,

Perusahaan ABC
Agus
Ketua Panitia Ulang Tahun Perusahaan ABC

Cara Menulis Surat Undangan yang Baik dan Benar

Berikut adalah beberapa tips dalam menulis surat undangan yang baik dan benar:

  1. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.
  2. Tuliskan informasi mengenai acara dengan jelas dan terstruktur.
  3. Sertakan informasi kontak penyelenggara acara agar tamu undangan dapat menghubungi apabila ada pertanyaan atau kendala.
  4. Berikan batas waktu pengiriman konfirmasi kehadiran agar penyelenggara acara dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.
  5. Pastikan surat undangan dikirimkan dalam waktu yang cukup agar tamu undangan memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri.

Penutup

Dalam menulis surat undangan, pastikan kita mengetahui informasi mengenai acara dengan baik dan benar. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Sertakan informasi kontak penyelenggara acara agar tamu undangan dapat menghubungi apabila ada pertanyaan atau kendala. Dengan menulis surat undangan yang baik dan benar, kita dapat memastikan kehadiran tamu undangan pada acara yang diadakan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *