Contoh Surat Lamaran Kerja: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Posted on

Surat lamaran kerja merupakan hal yang sangat penting bagi siapa saja yang ingin bekerja di sebuah perusahaan. Surat tersebut merupakan salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan dengan baik dan benar. Dalam surat lamaran kerja, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti format penulisan, isi surat, dan lain-lain. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar:

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Format penulisan surat lamaran kerja sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja harus memperhatikan beberapa hal. Berikut ini adalah format penulisan surat lamaran kerja yang baik:

Header Surat Lamaran Kerja

Pada header surat lamaran kerja, anda harus mencantumkan alamat lengkap anda, nomor telepon, dan email. Anda juga dapat mencantumkan tanggal penulisan surat lamaran kerja pada header tersebut.

Bagian Pembuka Surat Lamaran Kerja

Pada bagian pembuka surat lamaran kerja, anda harus mengucapkan salam dan menyebutkan nama perusahaan yang anda tuju. Selain itu, anda juga dapat menjelaskan tujuan anda dalam mengirimkan surat lamaran kerja tersebut.

Pos Terkait:  10 Jurusan yang Ada di SMK Sebagai Pilihan Kamu Nanti

Isi Surat Lamaran Kerja

Isi surat lamaran kerja harus berisi tentang pengalaman kerja anda, pendidikan, dan keahlian yang dimiliki. Anda juga dapat menambahkan hal-hal lain yang membuat anda layak untuk diterima bekerja di perusahaan yang anda tuju.

Penutup Surat Lamaran Kerja

Penutup surat lamaran kerja harus berisi ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Anda juga dapat menambahkan kalimat yang menyatakan bahwa anda siap untuk diwawancarai.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar:

Jakarta, 1 Januari 2022

Kepada Yth.

Direktur PT. ABC

Jl. Sudirman No. 123

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Ahmad

Alamat: Jl. Merdeka No. 456

Nomor Telepon: 08123456789

Email: [email protected]

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya sangat tertarik dengan posisi yang sedang dibuka dan merasa memiliki kualifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Saya memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun di bidang yang sama dan telah menyelesaikan studi S1 di Universitas XYZ jurusan Teknik Informatika. Selama bekerja, saya telah memiliki beberapa keahlian seperti bahasa pemrograman Python, Java, dan PHP. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim dan memecahkan masalah dengan cepat.

Pos Terkait:  Apakah Hewan Avertebrata Otak Dilindungi oleh Rangka?

Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang saya miliki, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan ini. Saya siap untuk diwawancarai dan berharap dapat bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sekian surat lamaran kerja dari saya. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

Ahmad

Kesimpulan

Surat lamaran kerja merupakan dokumen yang sangat penting bagi siapa saja yang ingin bekerja di sebuah perusahaan. Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, anda harus memperhatikan format penulisan, isi surat, dan penutup surat. Selain itu, pastikan untuk menyesuaikan isi surat dengan posisi yang anda lamar. Semoga contoh surat lamaran kerja di atas dapat membantu anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *