Contoh Surat Izin Sakit: Cara Mendapatkan Surat Izin Sakit Dari Dokter

Posted on

Pengertian Surat Izin Sakit

Surat izin sakit adalah surat yang dikeluarkan oleh dokter yang berisi tentang keterangan bahwa seseorang sedang sakit dan perlu istirahat. Surat izin sakit ini biasanya digunakan untuk keperluan bekerja atau sekolah, agar seseorang bisa absen sementara dari kegiatan tersebut.

Contoh Surat Izin Sakit

Berikut adalah contoh surat izin sakit yang bisa menjadi acuan:

Kepada Yth,

Atasan saya di tempat kerja / Kepala Sekolah,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: (Tuliskan nama Anda)

Alamat: (Tuliskan alamat Anda)

Umur: (Tuliskan umur Anda)

Jabatan: (Tuliskan jabatan Anda di tempat kerja / kelas dan sekolah)

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin sakit dan tidak dapat hadir di tempat kerja / sekolah selama (isi jumlah hari yang diperlukan) hari, mulai dari tanggal (isi tanggal awal) hingga tanggal (isi tanggal akhir).

Saya mengalami sakit (tuliskan jenis sakit yang Anda alami), yang telah diperiksa oleh dokter dan harus istirahat selama beberapa hari. Oleh karena itu, saya mohon izin untuk tidak hadir selama beberapa hari tersebut.

Pos Terkait:  Sabun Cuci Muka Clean and Clear untuk Umur Berapa?

Surat dokter yang menyatakan bahwa saya sedang sakit saya lampirkan pada surat ini.

Demikian surat izin sakit ini saya ajukan, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tuliskan nama Anda)

Cara Mendapatkan Surat Izin Sakit

Untuk mendapatkan surat izin sakit, ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

  1. Periksakan diri ke dokter. Langkah pertama untuk mendapatkan surat izin sakit adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosis dan menentukan berapa lama Anda harus istirahat.
  2. Meminta surat izin sakit. Setelah Anda diperiksa oleh dokter dan harus istirahat, Anda bisa meminta surat izin sakit dari dokter tersebut.
  3. Meminta tanda tangan dokter. Setelah mendapatkan surat izin sakit, pastikan Anda meminta tanda tangan dari dokter sebagai tanda bahwa surat izin sakit tersebut benar-benar dikeluarkan oleh dokter.
  4. Memberikan surat izin sakit ke atasan / kepala sekolah. Setelah mendapatkan surat izin sakit yang sudah ditandatangani oleh dokter, Anda bisa memberikannya ke atasan di tempat kerja atau kepala sekolah di sekolah.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Surat Izin Sakit

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin sakit:

  1. Format surat izin sakit harus sesuai dengan aturan yang berlaku di tempat kerja atau sekolah.
  2. Surat izin sakit harus mencantumkan alasan sakit, tanggal mulai dan akhir istirahat, dan tanda tangan dokter.
  3. Surat izin sakit harus diserahkan ke atasan di tempat kerja atau kepala sekolah di sekolah dalam waktu yang sesuai dengan aturan yang berlaku.
  4. Jangan membuat surat izin sakit palsu atau memalsukan tanda tangan dokter. Hal ini bisa menimbulkan masalah serius dan merugikan diri sendiri.
Pos Terkait:  Arti Kata Inggris ke Indonesia

Kesimpulan

Surat izin sakit adalah surat yang dikeluarkan oleh dokter yang berisi tentang keterangan bahwa seseorang sedang sakit dan perlu istirahat. Surat izin sakit ini biasanya digunakan untuk keperluan bekerja atau sekolah, agar seseorang bisa absen sementara dari kegiatan tersebut. Untuk mendapatkan surat izin sakit, Anda harus memeriksakan diri ke dokter dan meminta surat izin sakit dari dokter tersebut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin sakit, seperti format surat izin sakit dan waktu penyerahan surat izin sakit. Jangan membuat surat izin sakit palsu atau memalsukan tanda tangan dokter, karena hal ini bisa menimbulkan masalah serius dan merugikan diri sendiri.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *