Contoh Rumusan Masalah

Posted on

Contoh rumusan masalah adalah hal yang sangat penting dalam penelitian. Rumusan masalah merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum melakukan penelitian. Rumusan masalah akan membantu peneliti menentukan arah penelitian yang akan dilakukan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai contoh rumusan masalah.

Pengertian Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah suatu pernyataan yang menggambarkan masalah yang akan diteliti dalam sebuah penelitian. Rumusan masalah ini akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan tujuan penelitian. Rumusan masalah juga akan membantu peneliti dalam mengumpulkan data dan menganalisis data yang telah dikumpulkan.

Contoh Rumusan Masalah

Berikut ini adalah contoh-contoh rumusan masalah:

Contoh 1: Bagaimana pengaruh internet terhadap perilaku belajar siswa di sekolah?

Contoh 2: Apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa dalam mengambil mata kuliah tertentu?

Contoh 3: Bagaimana cara mengatasi penurunan motivasi belajar siswa di sekolah?

Contoh 4: Apa dampak dari perubahan iklim terhadap lingkungan hidup?

Contoh 5: Bagaimana pengaruh kebijakan pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara?

Cara Membuat Rumusan Masalah

Berikut ini adalah cara membuat rumusan masalah:

Pos Terkait:  Sebutkan Kesalahan-Kesalahan dalam Posisi Badan Renang Gaya Dada

1. Tentukan topik penelitian

Langkah pertama dalam membuat rumusan masalah adalah menentukan topik penelitian. Topik penelitian yang dipilih haruslah menarik dan relevan dengan kebutuhan penelitian.

2. Identifikasi masalah

Setelah menentukan topik penelitian, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi masalah yang akan diteliti. Masalah yang diidentifikasi haruslah spesifik dan jelas.

3. Buat pernyataan masalah

Setelah masalah diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah membuat pernyataan masalah. Pernyataan masalah haruslah menggambarkan masalah yang akan diteliti dengan jelas dan spesifik.

4. Tentukan tujuan penelitian

Setelah membuat pernyataan masalah, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan penelitian. Tujuan penelitian haruslah sesuai dengan pernyataan masalah yang telah dibuat sebelumnya.

5. Tentukan metodologi penelitian

Langkah terakhir dalam membuat rumusan masalah adalah menentukan metodologi penelitian. Metodologi penelitian haruslah sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditentukan sebelumnya.

Manfaat Rumusan Masalah

Rumusan masalah memiliki manfaat yang sangat penting dalam penelitian, di antaranya:

1. Memudahkan peneliti dalam menentukan arah penelitian

Dengan adanya rumusan masalah, peneliti akan lebih mudah dalam menentukan arah penelitian yang akan dilakukan. Rumusan masalah akan membantu peneliti dalam memfokuskan penelitian pada masalah yang akan diteliti.

2. Memudahkan peneliti dalam mengumpulkan data

Pos Terkait:  Arti Kata Mobilisasi

Rumusan masalah akan membantu peneliti dalam mengumpulkan data yang relevan dengan masalah yang akan diteliti. Dengan adanya rumusan masalah, peneliti akan lebih mudah dalam mencari informasi yang diperlukan untuk penelitian.

3. Memudahkan peneliti dalam menganalisis data

Dengan adanya rumusan masalah, peneliti akan lebih mudah dalam menganalisis data yang telah dikumpulkan. Rumusan masalah akan membantu peneliti dalam menentukan variabel yang akan diuji dalam penelitian.

Kesimpulan

Dalam membuat penelitian, rumusan masalah adalah hal yang sangat penting. Rumusan masalah akan membantu peneliti dalam menentukan arah penelitian yang akan dilakukan. Dalam membuat rumusan masalah, peneliti haruslah memilih topik penelitian yang menarik dan relevan dengan kebutuhan penelitian. Selain itu, pernyataan masalah yang dibuat haruslah jelas dan spesifik. Dengan adanya rumusan masalah, peneliti akan lebih mudah dalam mengumpulkan data dan menganalisis data yang telah dikumpulkan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *