Contoh Explanation Text: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Posted on

Apakah kamu sering mendengar istilah ‘contoh explanation text’? Explanation text adalah sebuah jenis teks yang berfungsi untuk memberikan penjelasan atau informasi tentang suatu hal, objek, atau fenomena. Tujuannya adalah agar pembaca bisa memahami dan mengerti dengan jelas tentang topik yang dibahas. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian, struktur, dan contoh dari explanation text. Yuk simak!

Pengertian Explanation Text

Explanation text adalah teks yang memberikan penjelasan atau informasi tentang sebuah konsep, proses, atau fenomena. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang jelas dan akurat kepada pembaca. Jenis teks ini sering ditemukan pada buku pelajaran, majalah, atau artikel di media online.

Contoh dari explanation text bisa berupa penjelasan tentang bagaimana suatu produk bekerja, proses pembuatan sebuah produk, atau cara kerja sebuah mesin. Dalam penulisan explanation text, penulis harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar pembaca tidak kesulitan memahami informasi yang disampaikan.

Struktur Explanation Text

Struktur dari explanation text terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  1. General statement: bagian ini berisi tentang gambaran umum dari topik yang akan dibahas.
  2. Sequenced explanation: bagian ini berisi penjelasan tentang proses atau tahapan dari topik yang dibahas, biasanya diurutkan secara kronologis atau berdasarkan urutan logis.
  3. Concluding statement: bagian ini berisi kesimpulan atau ringkasan dari penjelasan yang telah diberikan.
Pos Terkait:  Balt Itu Apa? Temukan Jawabannya Di Sini

Penulisan explanation text harus mengikuti struktur di atas agar pembaca bisa memahami informasi dengan mudah. Selain itu, penulis juga harus memperhatikan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu teknis.

Contoh Explanation Text

Berikut adalah beberapa contoh explanation text yang bisa kamu gunakan sebagai referensi:

Mesin ATM

Mesin ATM (Automatic Teller Machine) adalah sebuah mesin yang digunakan untuk melakukan transaksi perbankan, seperti penarikan uang tunai, transfer uang, dan cek saldo. Mesin ATM ini menggunakan teknologi yang canggih dan terkoneksi dengan sistem perbankan. Cara penggunaan mesin ATM cukup mudah, pengguna hanya perlu memasukkan kartu ATM dan mengikuti petunjuk yang ada pada layar ATM.

Proses Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan menggunakan cahaya matahari untuk membuat makanan. Proses ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap terang dan tahap gelap. Pada tahap terang, tumbuhan menggunakan energi cahaya matahari untuk membuat energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH. Pada tahap gelap, energi yang dihasilkan pada tahap terang digunakan untuk membuat gula dan oksigen. Proses fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena tumbuhan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bernafas.

Pos Terkait:  Apa Teknik yang Digunakan dalam Pembuatan Origami?

Cara Kerja Mesin Mobil

Mesin mobil merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Mesin mobil bekerja dengan menggunakan bahan bakar yang dibakar di dalam ruang pembakaran. Proses pembakaran ini menghasilkan energi yang digunakan untuk memutar roda mobil. Mesin mobil terdiri dari beberapa komponen, seperti piston, crankshaft, dan camshaft. Semua komponen ini bekerja secara bersama-sama untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk memutar roda mobil.

Kesimpulan

Explanation text adalah teks yang memberikan penjelasan atau informasi tentang suatu hal, objek, atau fenomena. Struktur dari explanation text terdiri dari general statement, sequenced explanation, dan concluding statement. Penulisan explanation text harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar pembaca bisa memahami informasi dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dalam memahami tentang contoh explanation text.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *