Contoh Discussion Text: Cara Menulis dan Contoh Teks Diskusi

Posted on

Discussion text atau teks diskusi adalah jenis teks yang bertujuan untuk membahas suatu topik secara mendalam dan menyeluruh. Teks ini biasanya digunakan dalam konteks akademik, seperti dalam kelas atau seminar. Dalam teks diskusi, penulis akan memaparkan argumen-argumen yang mendukung atau menentang suatu topik, kemudian menyimpulkan dengan opini atau pendapat pribadi.

Cara Menulis Discussion Text

Untuk menulis discussion text, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan:

1. Tentukan Topik

Pertama-tama, tentukan topik yang akan dibahas. Pastikan topik tersebut menarik dan relevan dengan konteks yang ada. Misalnya, jika Anda sedang menulis untuk kelas bahasa Inggris, maka topik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari atau isu global bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Buat Outline

Setelah menentukan topik, buatlah outline atau kerangka tulisan. Di dalam outline, tentukan argumen-argumen yang akan dibahas dan urutannya. Pastikan argumen-argumen tersebut logis dan mudah dipahami.

3. Cari Referensi

Untuk mendukung argumen-argumen yang telah ditentukan, carilah referensi yang relevan. Referensi bisa berupa buku, jurnal, artikel, atau sumber-sumber lain yang terpercaya. Pastikan referensi yang digunakan up-to-date dan akurat.

Pos Terkait:  10 Tugas Wakil Ketua OSIS

4. Tulis Teks Diskusi

Setelah memiliki kerangka tulisan dan referensi yang cukup, mulailah menulis teks diskusi. Tulislah setiap argumen secara rinci dan jelas. Jangan lupa untuk menyertakan referensi yang digunakan untuk mendukung argumen tersebut.

5. Berikan Kesimpulan

Setelah menulis semua argumen, berikanlah kesimpulan atau opini pribadi. Kesimpulan ini harus menggambarkan pandangan penulis terhadap topik yang dibahas. Jangan lupa untuk menyertakan alasan atau argumen yang mendukung kesimpulan tersebut.

Contoh Teks Diskusi

Berikut adalah contoh teks diskusi tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia:

Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia

Perkembangan teknologi yang pesat dalam beberapa dekade terakhir ini membawa dampak yang besar bagi kehidupan manusia. Teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, seperti pekerjaan, pendidikan, dan komunikasi.

Argumen Mendukung

Salah satu dampak positif teknologi adalah memudahkan pekerjaan manusia. Dengan adanya teknologi, manusia dapat melakukan pekerjaan yang lebih efisien dan akurat. Contohnya, teknologi di bidang medis dapat membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit dan memberikan pengobatan yang tepat. Di bidang pendidikan, teknologi dapat membantu siswa dalam belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menarik.

Selain itu, teknologi juga mempermudah komunikasi antara manusia yang berjauhan. Dengan adanya internet, manusia dapat berkomunikasi dengan mudah dan cepat, bahkan jika berada di belahan dunia yang berbeda. Hal ini memperluas jangkauan komunikasi dan mempercepat pertukaran informasi.

Pos Terkait:  Arti Kata Regulasi Yaitu

Argumen Menentang

Di sisi lain, teknologi juga membawa dampak negatif bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah ketergantungan manusia terhadap teknologi. Ketergantungan ini dapat mengurangi keterampilan dan kemampuan manusia dalam menyelesaikan tugas-tugas yang sederhana. Contohnya, banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam menulis secara manual karena terlalu sering menggunakan keyboard dan layar sentuh.

Selain itu, teknologi juga dapat menyebabkan isolasi sosial. Dengan adanya teknologi, manusia dapat berinteraksi dengan orang-orang di dunia maya tanpa harus bertemu secara langsung. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya interaksi sosial dalam kehidupan nyata dan merusak hubungan antarmanusia.

Kesimpulan

Dari argumen-argumen yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa teknologi memiliki dampak yang besar bagi kehidupan manusia. Meskipun teknologi membawa dampak positif, namun manusia juga harus waspada terhadap dampak negatifnya. Oleh karena itu, manusia harus menggunakan teknologi dengan bijak dan mempertimbangkan dampaknya terhadap kehidupan manusia secara keseluruhan.

Kesimpulan

Discussion text atau teks diskusi adalah jenis teks yang penting untuk dipelajari karena dapat membantu kita dalam mengeksplorasi suatu topik secara mendalam dan menyeluruh. Dalam menulis teks diskusi, perlu memperhatikan langkah-langkah seperti menentukan topik, membuat outline, mencari referensi, menulis argumen, dan memberikan kesimpulan. Dalam teks diskusi, perlu menyertakan argumen-argumen yang mendukung dan menentang topik yang dibahas, kemudian memberikan kesimpulan berdasarkan opini pribadi. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kita dapat menulis teks diskusi yang baik dan bermanfaat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *