Contoh Daftar Pustaka untuk Referensi Penulisan yang Tepat

Posted on

Dalam menulis suatu karya ilmiah, baik itu skripsi, tesis, maupun disertasi, daftar pustaka menjadi salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan. Daftar pustaka merupakan bagian yang terletak di akhir karya tulis yang berisi tentang buku, jurnal, artikel, atau dokumen lain yang menjadi referensi dalam penulisan karya ilmiah tersebut. Dengan adanya daftar pustaka, maka akan memudahkan pembaca untuk mencari sumber yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah tersebut. Berikut adalah contoh daftar pustaka yang dapat digunakan sebagai referensi dalam penulisan karya ilmiah.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Buku menjadi salah satu sumber yang sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Berikut adalah contoh daftar pustaka dari buku:

1. Suyanto, Bakir. (2018). Pengantar Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

2. Pramono, Bambang. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

3. Sari, Nurul. (2017). Pengantar Ekonomi. Bandung: Alfabeta.

Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal atau Artikel Online

Jurnal atau artikel online juga menjadi sumber yang sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Berikut adalah contoh daftar pustaka dari jurnal atau artikel online:

Pos Terkait:  Arti Kata Takziah Adalah: Menyampaikan Rasa Duka Cita dengan Ikhlas

1. Susanto, Budi. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada Layanan Transportasi Online. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(2), 123-135.

2. Kurniawan, Dwi. (2019). Pengaruh Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT XYZ. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 45-56.

3. Wulandari, Rina. (2017). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 67-78.

Contoh Daftar Pustaka dari Dokumen Resmi

Dokumen resmi seperti laporan atau kebijakan juga dapat menjadi sumber dalam penulisan karya ilmiah. Berikut adalah contoh daftar pustaka dari dokumen resmi:

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Data Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

3. Kementerian Kesehatan. (2017). Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Contoh Daftar Pustaka dari Sumber Referensi Lainnya

Sumber referensi lainnya seperti tesis atau disertasi juga dapat menjadi sumber dalam penulisan karya ilmiah. Berikut adalah contoh daftar pustaka dari sumber referensi lainnya:

1. Susanti, Dewi. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada Restoran XYZ. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Pos Terkait:  Perhatikan Pernyataan-Pernyataan Berikut di Bawah Ini!1

2. Sari, Putri. (2019). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT ABC. Tesis. Universitas Indonesia.

3. Wijaya, Andi. (2017). Analisis Pengaruh Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Makanan Ringan. Disertasi. Institut Pertanian Bogor.

Kesimpulan

Dalam penulisan karya ilmiah, daftar pustaka menjadi hal yang penting untuk menunjukkan sumber referensi yang digunakan. Dalam membuat daftar pustaka, penulis harus memperhatikan format penulisan yang sesuai dengan standar yang berlaku. Berbagai sumber seperti buku, jurnal atau artikel online, dokumen resmi, maupun sumber referensi lainnya dapat dijadikan sebagai referensi dalam penulisan karya ilmiah. Dengan adanya daftar pustaka yang baik dan benar, maka akan memudahkan pembaca untuk mencari sumber yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *