Cari fpb 24 dan 36 Pake Pohon Faktor

Posted on

Apakah kamu pernah belajar tentang faktorisasi bilangan bulat? Jika ya, kamu pasti sudah tahu tentang fpb atau faktor persekutuan terbesar. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana mencari fpb 24 dan 36 dengan menggunakan pohon faktor.

Apa itu fpb?

Fpb atau faktor persekutuan terbesar adalah bilangan bulat terbesar yang dapat membagi habis dua atau lebih bilangan bulat tertentu. Misalnya, fpb dari 12 dan 18 adalah 6 karena 6 adalah bilangan bulat terbesar yang dapat membagi habis 12 dan 18.

Bagaimana Mencari fpb dengan Pohon Faktor?

Salah satu cara yang mudah untuk mencari fpb adalah dengan menggunakan pohon faktor. Pohon faktor adalah suatu bentuk diagram yang digunakan untuk memfaktorkan bilangan bulat. Dalam diagram ini, faktor-faktor suatu bilangan diletakkan pada cabang-cabang pohon dengan faktor terkecil diletakkan di bagian bawah dan faktor terbesar di bagian atas.

Untuk mencari fpb 24 dan 36 dengan menggunakan pohon faktor, kita perlu menggambar pohon faktor untuk masing-masing bilangan terlebih dahulu.

Pos Terkait:  Perkiraan Gaji System Analyst

Pohon Faktor 24

Berikut adalah diagram pohon faktor untuk bilangan 24:

24/|\234/ \\ 342/ \22

Dalam diagram ini, kita mulai dengan membagi 24 dengan faktor terkecil yang mungkin, yaitu 2. Kemudian, kita membagi hasilnya dengan faktor terkecil yang mungkin lagi, dan seterusnya, hingga tidak ada faktor lagi yang mungkin dibagi.

Dari diagram tersebut, kita dapat melihat bahwa faktorisasi 24 adalah 2 x 2 x 2 x 3.

Pohon Faktor 36

Berikut adalah diagram pohon faktor untuk bilangan 36:

36/|\236/ \\ 2183/ \29/ \33

Dalam diagram ini, kita mulai dengan membagi 36 dengan faktor terkecil yang mungkin, yaitu 2. Kemudian, kita membagi hasilnya dengan faktor terkecil yang mungkin lagi, dan seterusnya, hingga tidak ada faktor lagi yang mungkin dibagi.

Dari diagram tersebut, kita dapat melihat bahwa faktorisasi 36 adalah 2 x 2 x 3 x 3.

Mencari fpb dengan Pohon Faktor

Sekarang, kita dapat mencari fpb dari 24 dan 36 dengan menggunakan pohon faktor. Caranya adalah dengan mencari faktor-faktor yang sama dari kedua bilangan dan mengalikan faktor-faktor tersebut.

Dari pohon faktor di atas, kita dapat melihat bahwa faktor persekutuan terbesar dari 24 dan 36 adalah 2 x 2 x 3, atau 12. Oleh karena itu, fpb dari 24 dan 36 adalah 12.

Pos Terkait:  Panjang Pendek Nada Dapat Dihitung dengan Apa?

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang bagaimana mencari fpb 24 dan 36 dengan menggunakan pohon faktor. Pohon faktor adalah suatu bentuk diagram yang digunakan untuk memfaktorkan bilangan bulat. Dalam diagram ini, faktor-faktor suatu bilangan diletakkan pada cabang-cabang pohon dengan faktor terkecil diletakkan di bagian bawah dan faktor terbesar di bagian atas. Dengan menggunakan pohon faktor, kita dapat mencari faktor persekutuan terbesar dari dua bilangan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *