Cara Menjawab Soal TOEFL Reading Comprehension

Posted on

Jika Anda sedang mempersiapkan diri untuk mengambil tes TOEFL, Anda pasti tahu betapa pentingnya bagian Reading Comprehension dalam tes tersebut. Bagian ini menguji kemampuan Anda untuk memahami teks dalam bahasa Inggris dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut.

Bagi sebagian orang, bagian Reading Comprehension bisa menjadi bagian yang paling sulit dalam tes TOEFL. Namun, dengan memperhatikan beberapa tips dan trik, Anda bisa menjawab soal-soal Reading Comprehension dengan lebih mudah dan efektif.

1. Baca dengan Fokus

Sebelum menjawab pertanyaan, pastikan Anda membaca teks dengan fokus. Jangan terburu-buru untuk menjawab pertanyaan sebelum Anda benar-benar memahami teks tersebut. Bacalah dengan seksama dan perhatikan setiap detail dalam teks.

Jangan ragu untuk membaca teks lebih dari sekali jika Anda masih kesulitan memahaminya. Ingat, memahami teks dengan baik sangat penting untuk menjawab pertanyaan dengan benar.

2. Perhatikan Pertanyaan dengan Seksama

Saat menjawab pertanyaan, pastikan Anda membaca pertanyaan dengan seksama dan memahami apa yang diminta dalam pertanyaan tersebut. Jangan terburu-buru untuk menjawab pertanyaan sebelum Anda benar-benar memahami pertanyaan tersebut.

Pos Terkait:  10 Pilihan Pekerjaan yang Bisa Sambil Kuliah sebagai Referensi

Perhatikan kata kunci dalam pertanyaan, seperti “main idea”, “purpose”, atau “inference. Kata-kata ini memberi petunjuk tentang jenis jawaban yang diharapkan dalam pertanyaan tersebut.

3. Gunakan Skimming dan Scanning

Skimming dan scanning adalah teknik membaca yang bisa sangat membantu Anda dalam menjawab pertanyaan Reading Comprehension. Skimming adalah teknik membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum tentang teks. Scanning adalah teknik membaca cepat untuk mencari informasi tertentu dalam teks.

Dalam Reading Comprehension, teknik skimming bisa digunakan untuk membaca paragraf awal dan akhir teks untuk mendapatkan gambaran umum tentang teks. Teknik scanning bisa digunakan untuk mencari informasi tertentu yang diminta dalam pertanyaan.

4. Perhatikan Detail Teks

Perhatikan setiap detail dalam teks, seperti kata-kata kunci, nama tempat, tanggal, dan angka-angka penting. Detail-detail ini bisa sangat membantu Anda dalam menjawab pertanyaan.

Jangan terburu-buru untuk menjawab pertanyaan sebelum Anda benar-benar memahami detail-detail penting dalam teks. Jika perlu, baca kembali teks untuk memastikan Anda memahami detail-detail tersebut dengan baik.

5. Pahami Struktur Teks

Pahami struktur teks untuk membantu Anda memahami isi teks dengan lebih baik. Beberapa jenis struktur teks yang umum digunakan adalah descriptive, compare and contrast, cause and effect, dan problem and solution.

Pos Terkait:  Apakah Buah Naga Baik untuk Penyakit Liver?

Dengan memahami struktur teks, Anda bisa memprediksi informasi yang akan muncul dalam teks dan membantu Anda menjawab pertanyaan dengan lebih mudah.

6. Gunakan Konteks untuk Menebak Arti Kata

Saat membaca teks, Anda mungkin akan menemukan kata-kata yang tidak familiar bagi Anda. Jangan terlalu khawatir tentang hal ini, karena Anda bisa menggunakan konteks untuk menebak arti kata tersebut.

Cobalah untuk membaca kalimat sebelum dan sesudah kata yang tidak familiar tersebut untuk mencari petunjuk tentang arti kata tersebut. Jika masih kesulitan, gunakan kamus untuk mencari arti kata tersebut.

7. Buat Catatan

Anda bisa membuat catatan selama membaca teks untuk membantu Anda memahami teks dengan lebih baik. Catatan bisa berupa ringkasan teks, daftar kata-kata kunci, atau poin-poin penting dalam teks.

Dengan membuat catatan, Anda bisa memudahkan diri dalam menjawab pertanyaan karena sudah memiliki gambaran umum tentang teks.

8. Latihan Soal

Latihan soal adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menjawab soal Reading Comprehension. Lakukan latihan soal secara rutin untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam memahami teks dan menjawab pertanyaan tentang teks.

Anda bisa mencari latihan soal TOEFL Reading Comprehension online atau membeli buku latihan soal TOEFL.

Pos Terkait:  Arti Kata Band: Menyelami Musik dan Maknanya

9. Jangan Terlalu Lama pada Satu Soal

Jangan terlalu lama pada satu soal jika Anda kesulitan menjawabnya. Jika sudah lebih dari satu menit dan Anda masih belum bisa menjawabnya, lanjutkan ke soal berikutnya dan kembali ke soal tersebut nanti jika masih punya waktu.

Ingat, ada banyak soal dalam bagian Reading Comprehension dan Anda perlu membagi waktu dengan baik untuk menjawab semua soal.

10. Jangan Terlalu Banyak Menebak

Jangan terlalu banyak menebak jawaban jika Anda tidak yakin. Menebak bisa mengurangi skor Anda jika jawaban yang Anda pilih salah.

Jika Anda tidak yakin dengan jawaban, cobalah untuk memilih jawaban yang paling logis atau yang paling dekat dengan informasi dalam teks.

Kesimpulan

Bagian Reading Comprehension adalah bagian yang penting dalam tes TOEFL dan memerlukan persiapan yang baik. Dengan memperhatikan beberapa tips dan trik di atas, Anda bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam menjawab soal Reading Comprehension dan meraih skor yang lebih baik dalam tes TOEFL.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *