C2H5OH Adalah Rumus Kimia dari Etanol dan Cara Menguraiannya

Posted on

Etanol atau C2H5OH adalah senyawa organik yang biasanya digunakan sebagai bahan bakar, pelarut, dan bahan dasar pembuatan minuman beralkohol. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang rumus kimia etanol dan bagaimana cara mengurai senyawa ini.

Definisi Etanol

Etanol adalah senyawa kimia organik yang memiliki rumus kimia C2H5OH. Senyawa ini juga sering disebut sebagai alkohol etil atau alkohol. Etanol merupakan cairan tak berwarna dan mudah terbakar yang memiliki aroma khas yang mirip dengan minuman beralkohol.

Struktur Molekul Etanol

Etanol memiliki struktur molekul yang terdiri dari dua atom karbon, enam atom hidrogen, dan satu atom oksigen. Secara visual, struktur molekul etanol terlihat seperti gambar di bawah ini:

Struktur Molekul EtanolSource: bing.com

Struktur molekul etanol memiliki gugus hidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon kedua. Gugus hidroksil ini yang membuat etanol memiliki sifat polar dan mudah tercampur dengan air.

Sifat Kimia Etanol

Etanol memiliki sifat kimia yang sangat unik. Beberapa sifat kimia etanol yang perlu diketahui antara lain:

  • Etanol merupakan senyawa polar yang mudah tercampur dengan air.
  • Etanol memiliki titik didih sekitar 78 derajat Celsius.
  • Etanol mudah terbakar dan dapat digunakan sebagai bahan bakar.
  • Etanol juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan sebagainya.
Pos Terkait:  Jelaskan Mengapa Perubahan Sosial Dapat Dipandang Sebagai Suatu Konsep

Cara Mengurai Etanol

Untuk mengurai etanol menjadi unsur-unsur penyusunnya, kita perlu melakukan reaksi kimia tertentu. Salah satu reaksi kimia yang bisa digunakan untuk mengurai etanol adalah reaksi pembakaran. Saat etanol dibakar, senyawa ini akan bereaksi dengan oksigen dan menghasilkan karbon dioksida dan air.

Reaksi pembakaran etanol dapat dituliskan sebagai berikut:

C2H5OH + 3O2 → 2CO2 + 3H2O

Dalam reaksi ini, satu molekul etanol akan bereaksi dengan tiga molekul oksigen untuk menghasilkan dua molekul karbon dioksida dan tiga molekul air.

Kesimpulan

Etanol atau C2H5OH adalah senyawa organik yang banyak digunakan dalam industri dan kehidupan sehari-hari. Rumus kimia etanol adalah C2H5OH, yang terdiri dari dua atom karbon, enam atom hidrogen, dan satu atom oksigen. Etanol memiliki sifat kimia yang unik seperti polar dan mudah terbakar. Untuk mengurai etanol menjadi unsur-unsur penyusunnya, kita bisa melakukan reaksi pembakaran.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *