Breakdance Termasuk Jenis Tari Apa?

Posted on

Breakdance atau juga dikenal dengan istilah breaking merupakan salah satu jenis tarian yang populer di seluruh dunia. Tarian ini awalnya muncul di Amerika Serikat pada akhir 1960-an dan awal 1970-an sebagai bagian dari gerakan hip-hop yang sedang naik daun.

Breakdance biasanya ditampilkan dalam bentuk pertunjukan atau kompetisi. Para penari breakdance, yang disebut dengan b-boy atau b-girl, melakukan gerakan-gerakan yang terinspirasi dari seni bela diri, atletik, dan gerakan-gerakan yang terkait dengan hip-hop.

Asal Usul Breakdance

Asal usul breakdance dapat ditelusuri ke daerah Bronx, New York, Amerika Serikat. Pada tahun 1970-an, banyak remaja di daerah tersebut yang mengalami masalah sosial dan ekonomi. Mereka kemudian mencari pelarian dengan mengembangkan budaya hip-hop yang meliputi musik, tari, dan graffiti.

Tarian breakdance awalnya disebut dengan istilah b-boying, yang berasal dari kata breakboy. Kata ini mengacu pada penari yang melakukan gerakan-gerakan keren dan menantang.

Gerakan-gerakan Breakdance

Gerakan-gerakan breakdance terdiri dari beberapa jenis, seperti toprock, downrock, freeze, dan power moves. Toprock adalah gerakan yang dilakukan saat masih berdiri dan biasanya digunakan untuk memulai pertunjukan. Downrock adalah gerakan yang dilakukan di lantai dan melibatkan gerakan-gerakan kaki dan tangan yang kompleks.

Pos Terkait:  Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Freeze adalah gerakan yang dilakukan dengan mengeraskan tubuh dalam posisi tertentu. Sedangkan power moves adalah gerakan yang memerlukan kekuatan fisik dan teknik yang tinggi, seperti headspin dan windmill.

Perkembangan Breakdance

Seiring dengan perkembangan budaya hip-hop, breakdance juga mengalami perkembangan. Pada tahun 1980-an, breakdance menjadi semakin populer di seluruh dunia. Banyak grup musik hip-hop yang mengadakan pertunjukan dan kompetisi breakdance, serta film-film seperti Beat Street dan Breakin’ yang mempopulerkan tarian ini.

Pada tahun 1990-an, breakdance menjadi semakin terkenal di Indonesia. Banyak komunitas breakdance yang bermunculan di berbagai kota, dan seringkali diadakan pertunjukan dan kompetisi breakdance yang mempertemukan penari-penari dari berbagai daerah.

Apakah Breakdance Termasuk Jenis Tari?

Jawaban singkatnya adalah ya, breakdance termasuk jenis tari. Meskipun gerakan-gerakan breakdance mungkin terlihat lebih seperti seni bela diri atau olahraga, namun tarian ini memiliki unsur yang sama dengan jenis tarian lainnya. Para penari breakdance menggunakan gerakan tubuh mereka untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan pesan melalui gerakan-gerakan yang kreatif dan dinamis.

Untuk menjadi seorang penari breakdance yang handal, dibutuhkan latihan yang terus-menerus dan keahlian teknik yang tinggi. Namun, dengan tekad dan semangat yang kuat, siapa saja dapat mempelajari tarian ini dan menikmati keindahan gerakan-gerakan breakdance.

Pos Terkait:  Bagaimana Pula Terdapat Daerah dengan Otonomi Khusus dalam Negara Kesatuan?

Kesimpulan

Breakdance adalah jenis tarian yang lahir dari budaya hip-hop di Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Tarian ini terdiri dari berbagai gerakan yang kompleks dan menantang, seperti toprock, downrock, freeze, dan power moves. Meskipun gerakan-gerakan breakdance terlihat lebih seperti seni bela diri atau olahraga, namun tarian ini memiliki unsur yang sama dengan jenis tarian lainnya.

Seiring dengan perkembangan budaya hip-hop di seluruh dunia, breakdance juga semakin terkenal dan populer. Saat ini, banyak komunitas breakdance yang bermunculan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Dengan tekad dan semangat yang kuat, siapa saja dapat mempelajari tarian ini dan menikmati keindahan gerakan-gerakan breakdance.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *