Berikut yang Bukan Teknik Gerak Dasar Pencak Silat Adalah

Posted on

Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang memiliki banyak teknik gerak dasar. Teknik ini berkaitan dengan gerakan tubuh yang harus dikuasai oleh para praktisi pencak silat. Namun, tidak semua gerakan tubuh dalam pencak silat dapat disebut sebagai teknik gerak dasar. Berikut ini adalah beberapa gerakan tubuh yang bukan termasuk teknik gerak dasar pencak silat:

1. Menghindar

Menghindar adalah gerakan tubuh yang dilakukan untuk menghindari serangan lawan. Namun, gerakan ini bukanlah termasuk teknik gerak dasar pencak silat. Meskipun sering digunakan dalam pertandingan, teknik menghindar lebih banyak dipelajari untuk meningkatkan kecepatan dan ketangkasan tubuh.

2. Menendang Belakang

Menendang belakang merupakan gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang ke belakang dengan menggunakan kaki. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

3. Memukul dengan Siku

Memukul dengan siku adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menggunakan siku untuk memukul lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

4. Menghindar dengan Melompat

Menghindar dengan melompat adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan melompat ke arah yang berlawanan dengan arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

5. Menendang dengan Tumit

Menendang dengan tumit adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan tumit. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

Pos Terkait:  Jelaskan Pengertian Arbitrasi Beserta Contohnya

6. Menghindar dengan Berguling

Menghindar dengan berguling adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan berguling ke arah yang berlawanan dengan arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

7. Menendang dengan Lutut

Menendang dengan lutut adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan lutut. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

8. Menghindar dengan Menyamping

Menghindar dengan menyamping adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menyamping ke arah yang berlawanan dengan arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

9. Menendang dengan Kaki Tertekuk

Menendang dengan kaki tertekuk adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang telah ditekuk. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

10. Menghindar dengan Melompat ke Depan

Menghindar dengan melompat ke depan adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan melompat ke arah yang sama dengan arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

11. Menendang dengan Tangan

Menendang dengan tangan adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan tangan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

12. Menghindar dengan Berputar

Menghindar dengan berputar adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan berputar ke arah yang berlawanan dengan arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

13. Menendang dengan Kaki Lurus

Menendang dengan kaki lurus adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang diluruskan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

14. Menghindar dengan Menjauh

Menghindar dengan menjauh adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menjauh dari arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

15. Menendang dengan Kaki Terlipat

Menendang dengan kaki terlipat adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang telah dilipat. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

Pos Terkait:  Arti Kata B: Menjelajahi Makna di Balik Huruf Kedua Abjad

16. Menghindar dengan Melompat ke Samping

Menghindar dengan melompat ke samping adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan melompat ke samping dari arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

17. Menendang dengan Kaki Tegak

Menendang dengan kaki tegak adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang ditegakkan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

18. Menghindar dengan Berlari

Menghindar dengan berlari adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan berlari dari arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

19. Menendang dengan Kaki yang Diangkat ke Belakang

Menendang dengan kaki yang diangkat ke belakang adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang telah diangkat ke belakang. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

20. Menghindar dengan Menggelinding

Menghindar dengan menggelinding adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menggelinding dari arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

21. Menendang dengan Kaki yang Ditendangkan

Menendang dengan kaki yang ditendangkan adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang telah ditendangkan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

22. Menghindar dengan Mengelak

Menghindar dengan mengelak adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan mengelak dari arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

23. Menendang dengan Kaki yang Diayunkan

Menendang dengan kaki yang diayunkan adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang telah diayunkan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

24. Menghindar dengan Menyimpang

Menghindar dengan menyimpang adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menyimpang dari arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

Pos Terkait:  Tentukan Akar dari 10 ! - Cara Mudah Menghitung Akar Kuadrat

25. Menendang dengan Kaki yang Ditekuk ke Samping

Menendang dengan kaki yang ditekuk ke samping adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang telah ditekuk ke samping. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

26. Menghindar dengan Menjatuhkan Diri

Menghindar dengan menjatuhkan diri adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menjatuhkan diri ke arah yang berlawanan dengan arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

27. Menendang dengan Kaki yang Berputar

Menendang dengan kaki yang berputar adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang berputar. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

28. Menghindar dengan Menjatuhkan Badan

Menghindar dengan menjatuhkan badan adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menjatuhkan badan ke arah yang berlawanan dengan arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

29. Menendang dengan Kaki yang Diputar

Menendang dengan kaki yang diputar adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menendang menggunakan kaki yang diputar. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

30. Menghindar dengan Menjatuhkan Diri ke Samping

Menghindar dengan menjatuhkan diri ke samping adalah gerakan tubuh yang dilakukan dengan menjatuhkan diri ke samping dari arah serangan lawan. Teknik ini lebih sering digunakan dalam pertandingan dan tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat.

Kesimpulan

Dari beberapa gerakan tubuh yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik gerak dasar pencak silat lebih menekankan pada gerakan tubuh yang lebih berkaitan dengan serangan dan pertahanan. Meskipun gerakan tubuh lainnya juga sering digunakan dalam pertandingan, namun tidak termasuk dalam teknik gerak dasar pencak silat. Oleh karena itu, bagi para praktisi pencak silat, penting untuk mempelajari teknik gerak dasar dengan baik agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam seni bela diri ini.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *