Berikut yang Bukan Merupakan Struktur Teks Berita Adalah No.5

Posted on

Berita adalah salah satu bentuk publikasi yang banyak digunakan oleh media masa untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Struktur teks berita sangat penting untuk memastikan informasi yang disampaikan mudah dipahami dan diserap oleh pembaca.

Struktur teks berita terdiri dari beberapa elemen utama seperti headline, lead, body, kutipan, dan foto. Namun, terdapat beberapa elemen yang bukan termasuk dalam struktur teks berita. Salah satunya adalah No.5 yang akan dibahas dalam artikel ini.

Pengertian Struktur Teks Berita

Sebelum membahas lebih lanjut tentang elemen yang bukan termasuk dalam struktur teks berita, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian struktur teks berita.

Struktur teks berita adalah susunan atau urutan yang digunakan dalam penulisan sebuah berita. Struktur ini bertujuan untuk membuat informasi yang disampaikan mudah dipahami oleh pembaca.

Struktur teks berita terdiri dari beberapa bagian utama seperti headline, lead, body, kutipan, dan foto. Setiap bagian memiliki fungsi masing-masing dalam menyampaikan informasi yang akurat dan mudah dipahami oleh pembaca.

Pos Terkait:  Arti Kata Bubu dalam Bahasa Gaul

Elemen yang Bukan Termasuk dalam Struktur Teks Berita

Sebagai seorang jurnalis atau penulis, tentunya kita harus memahami elemen-elemen yang termasuk dalam struktur teks berita. Namun, terkadang kita juga perlu mengetahui elemen yang tidak termasuk dalam struktur teks berita.

Berikut adalah elemen yang bukan termasuk dalam struktur teks berita:

1. Judul yang Terlalu Panjang

Judul yang terlalu panjang bukan termasuk dalam struktur teks berita yang baik. Judul yang terlalu panjang dapat membuat pembaca kehilangan fokus dan sulit memahami informasi yang disampaikan.

Sebaiknya judul berita tidak lebih dari 10 kata dan menggambarkan inti dari berita tersebut.

2. Opini Pribadi

Opini pribadi bukan termasuk dalam struktur teks berita yang objektif dan akurat. Sebagai jurnalis atau penulis, kita harus menghindari memberikan opini pribadi dalam tulisan berita.

Sebaiknya kita menyajikan fakta dan data yang akurat untuk memberikan informasi yang objektif dan mudah dipahami oleh pembaca.

3. Isi Berita yang Tidak Relevan

Isi berita yang tidak relevan atau tidak terkait dengan topik utama juga bukan termasuk dalam struktur teks berita yang baik. Isi berita yang tidak relevan dapat membuat pembaca bingung dan sulit memahami informasi yang disampaikan.

Pos Terkait:  Rumah Adat Jawa Barat: Keindahan Arsitektur Tradisional Jawa Barat

Sebaiknya kita hanya menyajikan informasi yang relevan dan terkait dengan topik utama dalam berita.

4. Gaya Bahasa yang Sulit Dipahami

Gaya bahasa yang sulit dipahami juga bukan termasuk dalam struktur teks berita yang baik. Gaya bahasa yang sulit dipahami dapat membuat pembaca kehilangan minat dan sulit memahami informasi yang disampaikan.

Sebaiknya kita menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.

5. Teks Berita Tanpa Sumber

Teks berita tanpa sumber juga bukan termasuk dalam struktur teks berita yang baik. Teks berita tanpa sumber dapat membuat pembaca meragukan kebenaran informasi yang disampaikan.

Sebaiknya kita menyertakan sumber atau narasumber yang dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang akurat dan objektif.

Kesimpulan

Struktur teks berita sangat penting untuk memastikan informasi yang disampaikan mudah dipahami dan diserap oleh pembaca. Struktur teks berita terdiri dari beberapa elemen utama seperti headline, lead, body, kutipan, dan foto.

Terdapat beberapa elemen yang bukan termasuk dalam struktur teks berita seperti judul yang terlalu panjang, opini pribadi, isi berita yang tidak relevan, gaya bahasa yang sulit dipahami, dan teks berita tanpa sumber.

Sebagai jurnalis atau penulis, kita harus memahami elemen-elemen yang termasuk dan tidak termasuk dalam struktur teks berita untuk menyajikan informasi yang objektif, akurat, dan mudah dipahami oleh pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *