Berikut Prinsip Dasar Permainan Bola Voli, Kecuali A

Posted on

Pengenalan

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dan banyak dimainkan di seluruh dunia. Olahraga ini membutuhkan keterampilan, kecepatan, dan ketahanan untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan. Sebelum mempelajari prinsip dasar permainan bola voli, ada baiknya untuk memahami sejarah dan aturan dasar dalam olahraga ini.

Sejarah Bola Voli

Bola voli pertama kali ditemukan di Amerika Serikat oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Awalnya, olahraga ini dikenal dengan nama “Mintonette” dan dimainkan di sebuah gedung. Namun, seiring berjalannya waktu, olahraga ini semakin populer dan akhirnya menjadi salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan di seluruh dunia.

Aturan Dasar Bola Voli

Ada beberapa aturan dasar yang harus dipahami dalam permainan bola voli. Pertama, setiap tim terdiri dari enam pemain. Kedua, bola harus dipukul dengan tangan atau lengan, tetapi tidak boleh disentuh menggunakan bagian tubuh lainnya. Ketiga, setiap tim diberikan tiga kali kesempatan untuk memukul bola sebelum harus dipukul ke sisi lawan. Keempat, jika bola menyentuh garis lapangan, maka dianggap masuk.

Pos Terkait:  Cara Berinvestasi di Pasar Modal Agar Memperoleh Keuntungan

Prinsip Dasar Permainan Bola Voli

1. Servis

Servis merupakan tindakan awal dalam sebuah pertandingan bola voli. Servis dilakukan oleh pemain yang berada di belakang garis servis. Ada dua jenis servis, yaitu servis bawah dan servis atas. Servis bawah dilakukan dengan memukul bola dengan tangan yang berada di bawah pinggang. Sedangkan servis atas dilakukan dengan memukul bola dengan tangan yang berada di atas kepala.

2. Passing

Passing atau umpan adalah tindakan memukul bola dengan menggunakan lengan atau tangan untuk mengirim bola ke sisi lawan. Umpan yang baik dapat membuat bola kembali ke daerah tim sendiri dan mempermudah pemain lain untuk mengontrol bola.

3. Smash

Smash adalah tindakan memukul bola dengan keras ke arah lapangan lawan. Smash dilakukan dengan memukul bola dengan tangan yang berada di atas kepala. Smash yang baik dapat membuat bola sulit diantisipasi oleh lawan dan memperoleh poin bagi tim sendiri.

4. Blok

Blok adalah tindakan menghalangi bola lawan dengan menggunakan tangan atau lengan. Blok yang baik dapat membuat bola kembali ke sisi lawan dan memperoleh poin bagi tim sendiri. Pemain yang melakukan blok juga harus dapat mengontrol bola agar tidak terjatuh ke sisi tim sendiri.

Pos Terkait:  Apakah Lensa Blu-ray Berubah Warna?

5. Defend

Defend adalah tindakan menghalangi bola lawan dengan menggunakan lengan atau tangan. Defend dilakukan saat bola sudah mendekati lapangan tim sendiri. Pemain yang melakukan defend harus dapat mengontrol bola agar tidak terjatuh ke sisi lawan dan memperoleh poin bagi tim sendiri.

Kesimpulan

Dalam permainan bola voli, terdapat beberapa prinsip dasar yang harus dipahami. Dengan memahami prinsip dasar tersebut, pemain dapat memperoleh keterampilan, kecepatan, dan ketahanan yang dibutuhkan untuk memenangkan sebuah pertandingan. Prinsip dasar permainan bola voli yang harus dipahami adalah servis, passing, smash, blok, dan defend.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *