Berikut Ini Bukan Termasuk Software Adalah A. Pascal B. Cobol

Posted on

Sebagai seorang programmer, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah software. Software atau perangkat lunak adalah program komputer yang berisi kumpulan instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer. Namun, tidak semua bahasa pemrograman atau teknologi terkait dengan software. Berikut ini adalah dua contoh di antaranya:

Apa Itu Pascal?

Pascal adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1969 dan dinamai sesuai dengan matematikawan Prancis Blaise Pascal. Bahasa ini awalnya digunakan untuk mengajarkan konsep pemrograman dan digunakan oleh banyak universitas di seluruh dunia.

Pascal adalah bahasa pemrograman yang terstruktur dan sangat baik untuk mengajarkan konsep pemrograman dasar. Bahasa pemrograman ini memiliki sintaks yang terstruktur dan mudah dibaca, sehingga lebih mudah dipelajari oleh pemula.

Namun, Pascal kurang fleksibel untuk digunakan dalam pengembangan aplikasi yang lebih besar dan kompleks. Oleh karena itu, bahasa pemrograman ini tidak lagi digunakan secara luas di industri software.

Apa Itu Cobol?

Cobol adalah singkatan dari Common Business-Oriented Language. Bahasa pemrograman ini dikembangkan pada tahun 1959 dan dirancang khusus untuk memproses data bisnis. Bahasa pemrograman ini digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk mengelola sistem informasi bisnis mereka.

Pos Terkait:  Apa Perbedaan Antara Tik dan Informatika?

Cobol adalah bahasa pemrograman yang sangat kuno dan cenderung sulit dipelajari bagi pemula. Bahasa pemrograman ini memiliki banyak aturan dan konvensi yang harus diikuti, sehingga membutuhkan waktu dan usaha yang lebih untuk menguasainya.

Namun, Cobol masih digunakan secara luas di industri keuangan dan perbankan. Bahasa pemrograman ini sangat handal untuk memproses data bisnis dan masih menjadi bahasa pemrograman yang penting bagi perusahaan-perusahaan besar yang mengelola sistem informasi bisnis mereka.

Kesimpulan

Berikut ini bukan termasuk software adalah A. Pascal B. Cobol. Meskipun Pascal dan Cobol bukan termasuk software, keduanya memiliki peran yang penting dalam sejarah pemrograman dan masih digunakan hingga saat ini. Penting bagi seorang programmer untuk memiliki pengetahuan tentang berbagai bahasa pemrograman, termasuk Pascal dan Cobol, untuk memperluas keterampilan dan pengetahuannya dalam industri software.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *