Berikut Ini Adalah Tujuan Berdirinya ASEAN Kecuali A

Posted on

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi politik dan ekonomi yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, dengan tujuan untuk mempromosikan kerjasama regional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia Tenggara. Berikut ini adalah tujuan berdirinya ASEAN kecuali A.

1. Meningkatkan Kerjasama Ekonomi

Tujuan utama ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama ekonomi antara negara-negara anggotanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk ASEAN Free Trade Area (AFTA) pada tahun 1992, yang bertujuan untuk mengurangi hambatan perdagangan di antara negara-negara anggota ASEAN. Selain itu, ASEAN juga telah membentuk berbagai lembaga yang berfokus pada pembangunan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

2. Mendorong Kerjasama Politik dan Keamanan

ASEAN juga bertujuan untuk mendorong kerjasama politik dan keamanan di antara negara-negara anggotanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk ASEAN Regional Forum (ARF) pada tahun 1994, yang bertujuan untuk mempromosikan dialog politik dan kerjasama di antara negara-negara anggota ASEAN dan negara-negara lain di Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga telah membentuk berbagai lembaga yang berfokus pada peningkatan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Pos Terkait:  Hitunglah Panjang Sisi yang Ditanyakan pada Gambar

3. Meningkatkan Kerjasama Sosial Budaya

Tujuan ASEAN yang ketiga adalah untuk meningkatkan kerjasama sosial budaya di antara negara-negara anggotanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC) pada tahun 2009, yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama di bidang sosial budaya di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga telah membentuk berbagai lembaga yang berfokus pada pembangunan sosial dan budaya di kawasan Asia Tenggara.

4. Mempromosikan Kerjasama Pembangunan

Tujuan ASEAN yang keempat adalah untuk mempromosikan kerjasama pembangunan di antara negara-negara anggotanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk ASEAN Economic Community (AEC) pada tahun 2015, yang bertujuan untuk mengintegrasikan ekonomi di kawasan Asia Tenggara dan mempromosikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu, ASEAN juga telah membentuk berbagai lembaga yang berfokus pada pembangunan di kawasan Asia Tenggara.

5. Meningkatkan Kerjasama Lingkungan Hidup

Tujuan ASEAN yang kelima adalah untuk meningkatkan kerjasama di bidang lingkungan hidup di antara negara-negara anggotanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk ASEAN Centre for Biodiversity pada tahun 2005, yang bertujuan untuk mempromosikan pelestarian keanekaragaman hayati di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga telah membentuk berbagai lembaga yang berfokus pada peningkatan kesadaran lingkungan di kawasan Asia Tenggara.

Pos Terkait:  Apakah Jeans dan Levis Sama? Temukan Jawabannya di Sini

6. Mendorong Kerjasama Pendidikan dan Kebudayaan

Tujuan ASEAN yang keenam adalah untuk mendorong kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan di antara negara-negara anggotanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk ASEAN University Network pada tahun 1995, yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama di bidang pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga telah membentuk berbagai lembaga yang berfokus pada promosi kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.

7. Meningkatkan Kerjasama Di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tujuan ASEAN yang ketujuh adalah untuk meningkatkan kerjasama di bidang teknologi informasi dan komunikasi di antara negara-negara anggotanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk ASEAN ICT Masterplan pada tahun 2015, yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur teknologi informasi di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga telah membentuk berbagai lembaga yang berfokus pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di kawasan Asia Tenggara.

8. Membangun Identitas ASEAN

Tujuan ASEAN yang terakhir adalah untuk membangun identitas ASEAN di antara negara-negara anggotanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mempromosikan kerjasama di bidang seni dan budaya di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga telah membentuk berbagai lembaga yang bertujuan untuk mempromosikan identitas ASEAN di kawasan Asia Tenggara.

Pos Terkait:  Teknik Pengumpulan Data: Cara yang Tepat untuk Mencari Informasi

Demikianlah tujuan berdirinya ASEAN kecuali A. Dengan adanya kerjasama di antara negara-negara anggota ASEAN, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia Tenggara dan mempromosikan perdamaian serta stabilitas di kawasan tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *