Berikut Hasil Sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945, Kecuali

Posted on

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang sering disingkat PPKI mengadakan sidang penting. Sidang tersebut bertujuan untuk membahas beberapa hal penting terkait kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, kecuali.

1. Pembukaan Sidang PPKI

Sidang PPKI dimulai pada pukul 09.00 pagi dan dibuka dengan sambutan dari ketua PPKI, Soepomo. Soepomo menyampaikan bahwa sidang tersebut bertujuan untuk membahas beberapa hal penting terkait kemerdekaan Indonesia.

2. Pembacaan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Selanjutnya, sidang PPKI membahas mengenai naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Naskah proklamasi tersebut dibacakan oleh Soekarno dan disetujui oleh semua anggota PPKI.

3. Penetapan Hari Kemerdekaan Indonesia

Setelah membahas mengenai naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, sidang PPKI menetapkan tanggal 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Keputusan tersebut diambil karena pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta telah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Pos Terkait:  10 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost

4. Pembentukan Pemerintahan Sementara

Sidang PPKI juga membahas mengenai pembentukan pemerintahan sementara. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Pemerintahan sementara tersebut dipimpin oleh Soekarno sebagai presiden dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden.

5. Penentuan Bendera dan Lagu Kebangsaan Indonesia

Selanjutnya, sidang PPKI membahas mengenai bendera dan lagu kebangsaan Indonesia. PPKI menetapkan bendera merah putih dengan gambar matahari terbit sebagai bendera nasional Indonesia. Sedangkan lagu kebangsaan Indonesia yang dipilih adalah “Indonesia Raya” yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman.

6. Penetapan UUD 1945

Sidang PPKI juga menetapkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar hukum negara Indonesia. UUD 1945 berisi mengenai hak dan kewajiban warga negara, tata cara pemerintahan, dan struktur negara Indonesia.

7. Penetapan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

PPKI menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang memiliki beragam bahasa daerah.

8. Penetapan Sistem Keuangan Negara

Sidang PPKI juga membahas mengenai sistem keuangan negara Indonesia. PPKI menetapkan bahwa Bank Indonesia sebagai bank sentral yang mengatur dan mengawasi keuangan negara Indonesia.

9. Penetapan Kabinet Pertama Indonesia

Selanjutnya, sidang PPKI menetapkan kabinet pertama Indonesia yang terdiri dari 18 menteri. Kabinet pertama Indonesia dipimpin oleh Soetan Sjahrir sebagai perdana menteri.

Pos Terkait:  Arti Kata Ide: Definisi, Makna, dan Contoh Kalimatnya

10. Penutupan Sidang PPKI

Sidang PPKI ditutup dengan sambutan dari Soekarno. Soekarno menyampaikan bahwa hasil sidang PPKI tersebut akan menjadi dasar bagi Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat.

Kesimpulan

Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 sangatlah penting bagi Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat. Sidang tersebut berhasil menetapkan beberapa hal penting seperti naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, hari kemerdekaan Indonesia, pembentukan pemerintahan sementara, bendera dan lagu kebangsaan Indonesia, UUD 1945, bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, sistem keuangan negara, kabinet pertama Indonesia, dan masih banyak lagi.

Hasil sidang PPKI ini menjadi dasar bagi Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat. Dalam sejarah Indonesia, tanggal 18 Agustus 1945 menjadi hari yang penting dan dijadikan sebagai hari peringatan kelahiran negara Indonesia. Semoga dengan pengenalan sejarah ini, kita dapat lebih menghargai perjuangan para pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *