Berasal dari Manakah Alat Musik Sitar?

Posted on

Alat musik sitar adalah alat musik tradisional yang berasal dari India. Alat musik ini sering dimainkan dalam musik klasik India, tetapi juga digunakan dalam berbagai genre musik lainnya. Sitar adalah salah satu alat musik yang paling terkenal dari India dan telah menjadi simbol budaya India.

Sejarah Alat Musik Sitar

Sejarah sitar dapat ditelusuri kembali ke abad ke-13, di mana alat musik ini digunakan sebagai alat musik pengiring dalam pertunjukan tari klasik India. Namun, bentuk sitar yang kita kenal saat ini berasal dari abad ke-18, ketika sitar mulai digunakan sebagai alat musik soliter dalam musik klasik India.

Awalnya, sitar hanya memiliki tiga senar dan ukurannya lebih kecil dari yang sekarang. Namun, dalam perkembangannya, sitar memiliki enam senar dan telah diubah menjadi ukuran yang lebih besar. Sitar juga telah mengalami perubahan dalam hal desain dan bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Bagaimana Sitar Dibuat?

Sitar dibuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti gitar. Bagian yang membedakan sitar dengan gitar adalah terdapat sebuah bulatan kecil yang disebut toomba yang berada di ujung atas alat musik. Toomba ini berfungsi sebagai resonator dan membantu menciptakan suara yang unik dan khas dari sitar.

Pos Terkait:  Contoh Daftar Riwayat Hidup: Cara Mudah Meningkatkan Peluang Kerja

Selain toomba, sitar juga memiliki banyak string. Ada enam senar utama yang digunakan untuk memainkan melodi, dan ada juga beberapa senar yang disebut taraf atau tarafdar yang digunakan untuk menciptakan efek drone. Senar-senar tersebut ditekan pada papan nada yang disebut jora.

Pada bagian bawah sitar terdapat kotak berlubang yang disebut tabli. Tabli ini berfungsi sebagai resonator dan membantu menghasilkan suara yang lebih besar dan lebih jelas. Bagian yang menghubungkan tabli dengan leher sitar disebut dand. Dand ini biasanya terbuat dari kayu rosewood yang kuat dan tahan lama.

Bagaimana Sitar Dimainkan?

Untuk memainkan sitar, seorang pemain harus duduk di atas lantai dengan kaki disilangkan. Sitar ditempatkan di depan pemain dengan leher mengarah ke arah kiri. Pemain kemudian menekan senar dengan jari-jari tangan kanan, sementara jari-jari tangan kiri menekan senar pada papan nada.

Suara yang dihasilkan oleh sitar sangat khas dan unik. Sitar sering digunakan dalam musik klasik India dan sering dimainkan sebagai alat musik soliter dalam pertunjukan musik tradisional India. Namun, sitar juga digunakan dalam genre musik lainnya seperti jazz, rock, dan musik dunia.

Kesimpulan

Alat musik sitar adalah alat musik yang berasal dari India dan telah menjadi simbol budaya India. Sejarah sitar dapat ditelusuri kembali ke abad ke-13, di mana alat musik ini digunakan sebagai alat musik pengiring dalam pertunjukan tari klasik India. Sitar dibuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti gitar. Bagian yang membedakan sitar dengan gitar adalah terdapat sebuah bulatan kecil yang disebut toomba yang berada di ujung atas alat musik. Sitar sering digunakan dalam musik klasik India dan sering dimainkan sebagai alat musik soliter dalam pertunjukan musik tradisional India. Namun, sitar juga digunakan dalam genre musik lainnya seperti jazz, rock, dan musik dunia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *