Berapakah Massa Molekul Relatif dari Glukosa (C6H12O6)?

Posted on

Glukosa adalah salah satu jenis gula sederhana yang sering ditemukan dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Gula ini memiliki rumus kimia C6H12O6 dan sering digunakan sebagai sumber energi oleh tubuh manusia.

Massa Molekul Relatif Glukosa

Massa molekul relatif adalah ukuran yang digunakan untuk menunjukkan berapa kali massa molekul suatu zat lebih besar dari massa atom karbon-12. Massa molekul relatif glukosa dapat dihitung dengan menjumlahkan massa atom dari masing-masing unsur dalam rumus kimianya.

Untuk menghitung massa molekul relatif glukosa, kita perlu mengetahui massa atom relatif (Ar) dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Berikut adalah nilai Ar dari masing-masing unsur tersebut:

  • Karbon (C) = 12
  • Hidrogen (H) = 1
  • Oksigen (O) = 16

Setelah mengetahui nilai Ar dari masing-masing unsur, kita dapat menghitung massa molekul relatif glukosa sebagai berikut:

Massa Molekul Relatif Glukosa = (6 x Ar Karbon) + (12 x Ar Hidrogen) + (6 x Ar Oksigen)

Massa Molekul Relatif Glukosa = (6 x 12) + (12 x 1) + (6 x 16)

Massa Molekul Relatif Glukosa = 72 + 12 + 96

Massa Molekul Relatif Glukosa = 180

Dari perhitungan di atas, massa molekul relatif glukosa adalah 180. Artinya, massa molekul glukosa 180 kali lebih besar dari massa atom karbon-12.

Pos Terkait:  Cerpen Contoh Persahabatan: Kisah Inspiratif tentang Persahabatan yang Memiliki Makna Mendalam

Kenapa Massa Molekul Relatif Penting?

Massa molekul relatif sangat penting dalam kimia karena dapat membantu kita menghitung berbagai sifat fisik dan kimia dari suatu zat. Misalnya, massa molekul relatif dapat digunakan untuk menghitung massa jenis, titik lebur, titik didih, dan sifat larutan suatu zat.

Dalam kasus glukosa, massa molekul relatif juga dapat memberikan informasi penting tentang sifat-sifatnya. Kita dapat menggunakan nilai massa molekul relatif untuk menghitung berapa banyak glukosa yang diperlukan untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu atau untuk menghitung berapa banyak energi yang dihasilkan ketika glukosa dioksidasi dalam tubuh manusia.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan perhitungan di atas, massa molekul relatif glukosa adalah 180. Massa molekul relatif merupakan ukuran yang penting dalam kimia karena dapat digunakan untuk menghitung berbagai sifat fisik dan kimia dari suatu zat. Dalam kasus glukosa, nilai massa molekul relatif dapat memberikan informasi penting tentang sifat-sifatnya dan dapat digunakan untuk berbagai perhitungan kimia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *