Berapakah Hasil dari 2x-x= ? – Jawaban dan Penjelasannya

Posted on

Apakah kamu sedang belajar tentang persamaan linear? Jika iya, mungkin kamu pernah menemukan persamaan seperti “2x-x=”. Pertanyaan yang muncul adalah, berapakah hasil dari persamaan tersebut?

Penjelasan Persamaan Linear

Sebelum kita membahas jawaban dari pertanyaan di atas, mari kita ulas terlebih dahulu tentang persamaan linear. Persamaan linear adalah persamaan matematika yang terdiri dari variabel dan koefisien. Koefisien adalah angka yang muncul sebelum variabel, sedangkan variabel adalah simbol atau huruf yang bisa diisi dengan angka.

Contoh persamaan linear adalah “2x + 3y = 12” atau “5a – 2b = 7”. Tujuan dari persamaan linear adalah untuk mencari nilai variabel yang membuat persamaan tersebut benar.

Menyelesaikan Persamaan 2x-x=

Sekarang, mari kita kembali ke pertanyaan awal. Berapakah hasil dari persamaan “2x-x=”? Cara menyelesaikan persamaan ini adalah dengan menggabungkan koefisien yang sama. Dalam hal ini, koefisien dari x adalah 2 dan -1.

Jadi, 2x – x sama dengan 1x atau x. Oleh karena itu, jawaban dari persamaan “2x-x=” adalah “x” atau “1x”.

Contoh Soal Lainnya

Untuk lebih memahami cara menyelesaikan persamaan linear, berikut adalah beberapa contoh soal:

Pos Terkait:  Mata Kuliah Administrasi Perkantoran: Menjadi Profesional di Dunia Kerja

Contoh Soal 1:

3x + 4y = 24

Jawaban:

Untuk mencari nilai variabel, kita perlu mengisolasi variabel tersebut. Misalnya, kita ingin mencari nilai x. Caranya adalah dengan memindahkan koefisien y ke sebelah kanan persamaan.

3x = 24 – 4y

Selanjutnya, kita bagi kedua sisi persamaan dengan koefisien x (3).

x = (24 – 4y) / 3

Jadi, nilai x adalah (24 – 4y) / 3.

Contoh Soal 2:

5a – 2b = 7

Jawaban:

Untuk mencari nilai variabel, kita bisa menggunakan cara yang sama seperti contoh soal sebelumnya. Misalnya, kita ingin mencari nilai b.

5a = 7 + 2b

b = (5a – 7) / 2

Jadi, nilai b adalah (5a – 7) / 2.

Kesimpulan

Secara singkat, jawaban dari persamaan “2x-x=” adalah “x” atau “1x”. Cara menyelesaikan persamaan linear adalah dengan mengisolasi variabel yang ingin dicari nilai nya. Dengan memahami persamaan linear, kita bisa menyelesaikan berbagai masalah matematika yang melibatkan variabel dan koefisien. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar matematika!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *