Berapa Ukuran Lapangan Sepak Bola?

Posted on

Sepak bola menjadi olahraga yang paling disukai di seluruh dunia. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain. Tujuannya adalah mencetak gol ke gawang lawan. Namun, sebelum memulai pertandingan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, salah satunya adalah menentukan ukuran lapangan sepak bola. Jadi, berapa ukuran lapangan sepak bola yang sebenarnya?

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Menurut standar FIFA, lapangan sepak bola harus berbentuk persegi panjang. Panjang lapangan minimal 100 meter dan maksimal 110 meter, sedangkan lebar lapangan minimal 64 meter dan maksimal 75 meter. Jadi, luas lapangan sepak bola dapat berkisar antara 6.400 hingga 8.250 meter persegi.

Di tengah lapangan, terdapat garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian yang sama besar. Garis ini juga digunakan untuk menentukan posisi pemain pada saat kickoff. Selain itu, terdapat garis-garis lain yang juga penting untuk menentukan posisi pemain, yaitu garis gawang dan garis penalti.

Ukuran Gawang

Setiap lapangan sepak bola harus memiliki dua gawang yang terletak di ujung lapangan masing-masing. Ukuran gawang itu sendiri terdiri dari tiang gawang dan mistar gawang. Tinggi tiang gawang minimal 2,44 meter dan lebar mistar gawang minimal 7,32 meter. Jadi, setiap gawang memiliki lebar total sekitar 2,44 meter dan tinggi total sekitar 2,44 meter.

Pos Terkait:  Cara Menjadi SEO Specialist: Panduan Lengkap untuk Menjadi Ahli SEO

Di depan tiang gawang terdapat sebuah garis yang disebut garis gawang. Garis ini digunakan untuk menentukan apakah bola telah masuk ke dalam gawang atau belum. Jika bola melintasi garis gawang secara utuh, maka gol akan dianggap sah.

Ukuran Penalti

Di depan gawang masing-masing, terdapat sebuah kotak kecil yang dinamakan kotak penalti. Kotak ini memiliki panjang 16,5 meter dan lebar 40,3 meter. Di dalam kotak penalti, terdapat sebuah titik penalti yang berjarak 11 meter dari garis gawang. Jadi, jika terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti, wasit akan memberikan tendangan penalti ke tim yang dirugikan dari jarak 11 meter dari gawang lawan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Mini

Selain lapangan sepak bola standar, terdapat juga lapangan sepak bola mini yang digunakan untuk pertandingan antar anak-anak atau pertandingan yang bersifat non-profesional. Ukuran lapangan sepak bola mini sendiri berkisar antara 38 hingga 42 meter panjangnya dan 18 hingga 25 meter lebarnya. Jadi, luas lapangan sepak bola mini dapat berkisar antara 684 hingga 1.050 meter persegi.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak bola. Sebagai seorang pemain sepak bola, mengetahui ukuran lapangan sepak bola sangatlah penting karena dapat mempengaruhi strategi dan taktik dalam bermain. Selain itu, penggemar sepak bola juga dapat lebih memahami pertandingan dan memperhatikan posisi pemain dengan lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *