Berapa Panjang Jarak Lantai Sampai ke Papan Pantul Bagian Bawah?

Posted on

Mungkin Anda pernah mendengar istilah papan pantul saat bermain basket. Papan pantul adalah salah satu unsur penting dalam permainan basket. Namun, tahukah Anda berapa panjang jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah?

Definisi Papan Pantul

Sebelum membahas panjang jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu papan pantul. Papan pantul adalah papan yang terbuat dari bahan kayu atau akrilik yang digunakan sebagai target untuk melempar bola basket. Papan pantul biasanya dipasang di dinding atau tiang yang tinggi dan terletak di atas ring basket.

Ukuran Papan Pantul

Menurut aturan FIBA (Federation Internationale de Basketball), ukuran papan pantul harus memiliki panjang 1,80 meter dan lebar 1,05 meter. Papan pantul harus terbuat dari bahan kayu atau akrilik dengan ketebalan minimal 10mm.

Panjang Jarak Lantai sampai ke Papan Pantul Bagian Bawah

Sesuai dengan aturan FIBA, jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah harus memiliki tinggi 2,90 meter. Namun, ukuran ini tidaklah mutlak dan dapat berbeda-beda tergantung pada tempat atau arena basket yang digunakan.

Pos Terkait:  6 cm sama dengan berapa cm?

Beberapa arena basket mungkin memiliki ketinggian yang berbeda-beda tergantung pada tujuan penggunaannya. Misalnya, arena basket yang digunakan untuk pertandingan basket profesional akan memiliki ketinggian yang berbeda dengan arena basket yang digunakan untuk sekolah atau rekreasi.

Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah juga dapat dipengaruhi oleh ukuran ring basket. Menurut aturan FIBA, ring basket harus dipasang pada ketinggian 3,05 meter dari lantai. Namun, ketinggian ini juga dapat berbeda tergantung pada tujuan penggunaannya.

Penyesuaian Tinggi Papan Pantul

Beberapa arena basket mungkin tidak memiliki ketinggian yang sama dengan aturan FIBA. Namun, hal ini dapat disesuaikan dengan mengatur tinggi papan pantul. Terdapat beberapa cara untuk menyesuaikan tinggi papan pantul, yaitu:

  • Menggunakan alat pengatur tinggi seperti winch atau hoist
  • Mengganti bagian papan pantul yang memiliki ukuran berbeda

Penyesuaian tinggi papan pantul harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya cedera pada pemain atau kerusakan pada arena basket.

Kesimpulan

Dalam permainan basket, papan pantul merupakan salah satu unsur penting yang harus dipasang dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah harus memiliki tinggi 2,90 meter sesuai dengan aturan FIBA. Namun, hal ini dapat disesuaikan tergantung pada tujuan penggunaannya.

Pos Terkait:  Contoh Program Kerja Wakil Ketua OSIS yang Bagus

Penyesuaian tinggi papan pantul harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya cedera pada pemain atau kerusakan pada arena basket.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *